Viral, Video Diduga Oknum Kades Ajak Warga Menangkan Salah Seorang Calon Presiden

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Viral, Video Diduga Oknum Kades Ajak Warga Menangkan Salah Seorang Calon Presiden

Sunday, February 3, 2019


Diduga oknum Kades (Pakai Blangkon) 

LANGKAT-MLB.COM

Video yang diduga Oknum Kades Tanjung Mulia, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Subagio, yang mengumpulkan dan mengajak masyarakat untuk bersama sama mengucapkan ikrar agar kembali mendukung dan memilih Jokowi pada Pilpres nanti, banyak beredar dan Viral di media sosial.

Salah satu yang mengunggah Video tersebut melalui media sosial adalah Wakil Ketua DPRD Langkat, Donny Setha. Melalui akun Facebooknya @Donny Setha, video tersebut banyak dikomentari dan sudah puluhan netizen yang ikut membagikannya.

Saat dikonfirmasi awak media, Minggu (3/2), Donny Setha membenarkan bahwa akun Facebook tersebut adalah benar miliknya, dan aktor didalam video itu adalah Oknum Kades.

"Saya Pastikan yang pakai Blangkon itu Kades. Saya kenal sama dia dan biasa saya panggil Pak Bagio," kata Donny.

Sebagai Wakil Ketua DPRD Langkat, Donny Setha menyayangkan perbuatan Oknum Kades yang seolah tidak paham aturan.

"Saya sebenarnya kasihan melihat dia. Seharusnya Kepala Desa itu paham peraturan. Jabatannya itu kan melekat pada dirinya, mau pakai apapun wadahnya, dia tidak boleh ikut serta dalam kegiatan politiknya dan seharusnya Netral," ungkap Politisi dari Partai Gerindra ini.

Donny juga menegaskan bahwa dirinya tidak mempermasalahkan seseorang mau mendukung Paslon yang mana dan nomor berapa pada Pilpres nanti, asal hal itu tidak melanggar hukum.

Untuk itu, sambung Donny Setha, seharusnya Bawaslu maupun Panwas seharusnya Proaktif melihat kegiatan kegiatan yang ada di masyarakat serta memberitahu mana yang dilarang ataupun mana yang tidak dilarang atau di perbolehkan.

"Hati hati saja sebagai Kepala Desa, walaupun memakai baju bebas," kata Donny Setha, sembari mengatakan jikalau pun ada peran seseorang di belakang ini, namun Kades bisa terkena Sanksi Pidana dan pemecatan.

Terpisah, Camat Hinai Muhammad Nawawi, saat di konfirmasi awak media, Sabtu (2/2) malam, sekira pukul 23.36 Wib, mengatakan agar awak media mengkonfirmasi dulu kepada yang bersangkutan (Oknum Kades).

"Saya juga belum konfirmasi," ucap Nawawi dengan singkat.

Namun, pada Minggu (3/2) pagi, Muhammad Nawawi menambahkan jika untuk masalah ini, dirinya berjanji akan memberikan Pembinaan kepada yang bersangkutan.

"Saya sabagai Camat akan memberikan pembinaan kepada yang bersangkutan, sedangkan untuk tindakan lain adalah berada di kewenangan Panwaslu," tegas Muhammad Nawawi.

Pada saat ditanya Sanksi seperti apa yang akan diberikan oleh Oknum Kades, Muhammad Nawawi tidak menjawabnya.

Diketahui, akun facebook Donny Setha yang menjabat sebagai Wakil DPRD Langkat, mengunggah Video di dinding facebooknya @Donny Setha, pada hari Sabtu (2/2). Pada video tersebut, terlihat jelas Pria yang diduga Oknum Kades Tanjung Mulia, mengajak puluhan warga untuk mengikuti ucapannya agar kembali memenangkan Jokowi.

Selain dibagikan oleh puluhan Netizen, berbagai komentar pun muncul dari para warganet.

Salahsatu yang ikut berkomentar adalah akun facebook @Sawaluddin Siregar yang mengomentari "
klau yg beginian BAWASLU BERLAGAK BUDEK". Begitu juga akun facebook @Taufik Hidayat yang berkomentar "Tenggelam kn ni kades".

Sementara, akun Facebook @Dicky Suhendro, dalam komentarnya mengatakan "Pak kades nya terlihat membaca naskah yg sudah dibuat tu bangnda...berarti aktor utamanya ada di tempat sewaktu video trsbut dibuat..
NB : Tetap waspada bangnda".

Adapun ucapan yang disampaikan yang diduga oleh oknum Kades yang kemudian diikuti oleh puluhan warga lainnya berbunyi :

"Auzubillah himinash shaitan-nir-rajeem,
Kami Puja Kesuma dan warga Kabupaten Langkat, Kecamatan Hinai, Tiga belas Desa, Jumlah DPT 34 ribu suara, akan memenangkan Bapak Jokowi 2 Periode dan siap door to door, yes yes yes, Wassalamualaikum warahmatulilahi wabarakatuh". (Red)
close