Hore... Institusi dan Seluruh Program Studi STMIK Kaputama Binjai Terakreditasi B

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Hore... Institusi dan Seluruh Program Studi STMIK Kaputama Binjai Terakreditasi B

Wednesday, April 10, 2019



BINJAI-MLB.COM

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Karya Putra Utama (STMIK Kaputama) yang beralamat di Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota, berhasil meraih Akreditasi B.

Lulusnya Akreditasi B yang diperoleh Yayasan STMIK Kaputama, ditandai dengan dikeluarkannya Sertifikat Akreditasi yang dikeluarkan oleh Kemenristek, melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Selasa (9/4).

Ketua STMIK Kaputama Binjai, Budi Serasi Ginting. S. Kom, M. Kom, saat ditemui awak media diruangannya, Rabu (10/4) Sore menjelaskan, selain Institusi, seluruh Program Studi yang ada di STMIK Kaputama Binjai juga tereakreditasi B.

Lebih lanjut dijelaskan Pria yang juga pernah menerima Beasiswa dari STMIK Kaputama Binjai ini, diperolehmya Akreditasi B tersebut selain merupakan wujud dan sinergi dari Pengurus, Pihaknya juga sudah mulai mempersiapkan segala sesuatunya sejak akhir 2017, yaitu beberapa syarat yang terangkum di dalam Borang.

"Ada berapa Poin yang harus kita penuhi di dalam Borang. Diantaranya jumlah Mahasiswa dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), serta Alumni STMIK Kaputama yang saat ini banyak bekerja sesuai jurusannya sehingga terjalin kerjasama yang baik dengan para Alumni," beber Budi Serasi Ginting.




Tidak hanya itu, sambungnya, Sarana dan Prasarana setiap tahun yang terus meningkat serta Dosen atau Tenaga Pengajar yang tersertifikasi, juga menjadi syarat yang harus dipenuhi untuk lulus dalam Penilaian.

"Semua syarat tersebut terangkum di dalam Borang. Setelah lengkap, baru kita kirim ke BAN-PT," ucap Budi, sembari mengatakan jika setiap tahun para Tenaga Pengajar (Dosen) harus melakukan penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat.

Lebih lanjut dikatakan Budi Serasi Ginting. S. Kom, M. Kom, usai seluruh Dokumen atau Syarat yang diminta dikirim, selanjutnya BAN-PT melakukan Difisitasi di STMIK Kaputama Binjai.

"Selanjutnya Pihak BAN-PT melakukan Visitasi selama Tiga hari (12-14 Maret 2019) di STMIK Kaputama, dan hasilnya baru kemarin kami terima yang menerangkan jika STMIK Kaputama Binjai lulus Akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT) dan menyandang Akreditasi B," kata Budi seraya mengatakan jika di Langkat dan Binjai, STMIK Kaputama Binjai menjadi satu satunya Sekolah Tinggi yang memperoleh Akreditasi B, baik Prodi (Jurusan) maupun kampusnya.




Untuk mempertahankan Akreditasi B yang sudah diraih, jelas Budi, STMIK Kaputama Binjai kedepannya akan terus melakukan beberapa pembenahan dan Sistem Pembelajaran Digital.

"Pengelolaan Administrasi dan Pelayanan berbasis Digital serta meningkatkan Penelitian dan pengabdian masyarakat, kedepannya akan terus kita lakukan," ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Unit Penjamin Mutu STMIK Kaputama, Relita Buaton ST. M. Kom, menjelaskan jika STMIK Kaputama mempunyai Program D3 dan S1, serta mempunyai 4 Jurusan, diantaranya Tehnik Informatika, Sistem informasi, Managemen Informatika dan Komputerisasi Akuntasi.

"Tentunya kita bangga STMIK Kaputama Binjai lulus Akreditasi B. Begitupun, kita akan terus meningkatkan kinerja kita agar kedepannya bisa lulus Akreditasi A dan ISO, serta dapat meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan memgembangkan Kurikulum berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dan Revolusi Industri 4.0," harapnya.

Pria berkacamata ini juga menerangkan jika kedepannya STMIK Kaputama Binjai juga berencana menambah Jurusan sesuai dengan kebutuhan Warga Binjai dan Langkat, serta menyediakan informasi bagi Alumni jika ingin bekerja.

Menurut Relita Buaton, di STMIK Kaputama Binjai yang berdiri sejak tahun 2003, dan saat ini diisi oleh sekitar 800 Mahasiswa, para Dosen juga dipacu untuk terus membuat Penelitian yang bertujuan meningkatkan Kwalitas Perguruan Tinggi.

"Contoh lainnya, STMIK Kaputama Binjai terus menjalin kerjasama dengan berbagai Pihak, seperti dari Dinas Pendidikan, Pemerintahan maupun Swasta," ungkapnya, sembari mengatakan jika kemajuan STMIK Kaputama Binjai juga tidak terlepas dari para Pembina Yayasan, seperti Parlindungan Purba, yang tidak bosan bosannya memberi motivasi demi kemajuan Pendidikan.

Pria yang saat ini juga memperoleh Beasiswa  dari STMIK Kaputama Binjai dan sedang melanjutkan Studi S3 Dokter ilmu Komputer di salah satu Universitas ternama di Sumatera Utara juga menjelaskan, STMIK Kaputama juga mempunyai beberapa Program Beasiswa untuk Mahasiswanya.

"Beasiswa dari Yayasan yang diperuntukkan bagi Mahasiswa yang kurang mampu serta Siswa SMA yang gratis uang Kuliah sampai Tamat D3 dan S1. Selanjutnya Beasiswa Bidikmisi, yaitu dari Pemerintah melalui STMIK Kaputama, yaitu gratis uang Kuliah serta sejumlah uang untuk biaya hidup yang diberikan setiap bulannya," bebernya.

Sedangkan yang terakhir, terang Relita Buaton, adalah Beasiswa PPA dari Pemerintah yang di Khususkan untuk Mahasiswa berprestasi dan mempunyai IP yang bagus.

"Untuk Beasiswa PPA, itu dikeluarkan setiap Tahun," tutup Relita Buaton mengakhiri pembicaraannya. (Put)