Wow... Puluhan Ribu Gram Sabu dan Ratusan Ribu Ekstasi Diamankan Petugas BNN dari Belasan Tersangka

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Wow... Puluhan Ribu Gram Sabu dan Ratusan Ribu Ekstasi Diamankan Petugas BNN dari Belasan Tersangka

Thursday, July 4, 2019


Barang bukti Narkotika

Metrolangkat.com

Kerja keras para Personil dari Tim Badan Narkotika Nasional (BNN) akhirnya membuahkan hasil. Tak tanggung tanggung, sebanyak 70 bungkus Narkotika jenis Sabu Sabu dengan berat 81.862,6 gram serta 20 bungkus Pil Ekstasi dengan jumlah 102,657 butir yang disimpan didalam 4 Ban Mobil, berhasil diamankan oleh mereka.

Seluruh barang bukti tersebut berasal dari Malaysia dan diserahterimakan ditengah laut antara Kapal ke Kapal (Ship to Ship).

Tidak hanya Narkotika, Personil BNN juga berhasil menyita 6 unit Mobil dan Handphone sebagai alat komunikasi dari Jaringan Narkotika Internasional tersebut. Adapun Nopol Mobil yang berhasil disita Petugas diantaranya 1 mobil Toyota Innova BK 1430 HG, 1 mobil Honda Jazz BK 1004 VP, 1 mobil Innova BK 1144 VI, 1 mobil CRV BK 1735 KY, 1 mobil CRV BK 1832 UO, serta 1 mobil Avanza B 1321 KIJ.

Tidak hanya itu, bersama barang bukti tersebut, Petugas juga berhasil mengamankan belasan Pelaku dari beberapa tempat yang berbeda. Adapun Pelaku tersebut masing masing bernama : Adi Putra A, Ardiansyah, Fadli, Hanafi, Amirudin, Zul AB, Nazarudin, Tarmizi, Sulaeman, Sofyan Hidayat dan Robby S.

Sedangkan Pelaku lainnya yang bernama M. Yusuf Adi Putrama mengalami luka tembak di betis kaki kiri, dan M. Yasin yang akhirnya meninggal dunia.

Informasi yang diterima redaksi, penangkapan para tersangka bermula pada Selasa (2/72019), dimana Tim BNN menerima informasi dari masyarakat tentang adanya Speed Boat yang berlabuh di Perairan Tanjung Balai Asahan, membawa narkotika yang diambil dari wilayah perbatasan Malaysia.

Berdasarkan informasi tersebut, Tim BNN kemudian melakukan penyelidikan dan mencurigai sebuah mobil Innova warna Hitam Nopol BK 1430 HG. Akhirnya, tim mengikuti mobil tersebut dengan tehnik Survilance.

Pada saat mobil tersebut keluar dari sebuah Rumah untuk menuju Jalan Raya (sekira Pukul 17.15 Wib), Tim BNN berusaha menghentikan mobil tersebut tepat di Perlintasan Rel Kereta Api Simpang Warung  Kisaran.

Penggeledahan pun dilakukan didalam mobil yang didalamnya terdapat dua orang, yaitu Adi Putra alias Tison, dan Ardiansyah alias Yuni. Akhirnya, narkotika jenis Sabu Sabu dan Ekstasi berhasil ditemukan didalam 3 buah Ban dalam mobil.

Interogasi pun dilakukan Petugas kepada kedua Pria tersebut. Berdasarkan keterangannya, mereka ternyata masih menyimpan narkotika di sebuah rumah yang beralamat di Lubuk Palas, Asahan.

Tak ingin berhenti sampai disitu, selanjutnya Tim BNN langsung bergerak menuju alamat yang dimaksud. Saat digeledah, Petugas berhasil menemukan satu buah Ban dalam mobil yang berisi narkotika yang disimpan di belakang rumah. Bahkan seorang Pria yang bernama Fadli dan mengaku sebagai penunggu rumah, juga ikut diamankan.

selanjutnya, Tim melakukan pengembangan atas kasus tersebut guna mencari Pelaku lainnya yang  diketahui menggunakan mobil Honda Jazz Nopol BK 1004 VP, yang melintas ke arah Batubara.

Akhirnya, sekira Pukul 17.30 Wib, Tim BNN berhasil menemukan mobil yang dimaksud dengan kecepatan tinggi menuju ke arah Batubara.

Namun pada saat melakukan pengejaran terhadap mobil tersebut, tiba tiba Tim BNN disalip oleh sebuah mobil Avanza Nopol B 1321 KIJ. Bahkan saat akan mencoba menyalipnya, pengemudi Mobil Avanza tersebut tidak memberikan jalan dan berusaha menghalang-halangi Petugas.

Kejar kejaran bak Film Koboy pun terjadi. Akhirnya, sekira Pukul 18.30 Wib, mobil Honda Jazz yang sebelumnya berkecepatan tinggi berhasil diamankan Petugas di Jalan Perintis Kemerdekaan Batubara. Dari dalam mobil tersebut, Dua orang Pria yang bernama Hanafi dan Amiruddin diamankan Petugas. Sedangkan mobil Avanza yang mencoba menghalangi Petugas, berhasil lolos dari pengejaran dan menuju ke arah Pelabuhan.

Tim BNN pun berupaya mencari mobil Avanza tersebut ke arah Pelabuhan, namun tidak berhasil menemukannya.

Kerja keras Tim BNN tidak berhenti begitu saja. Pengembangan terhadap para Pelaku lainnya terus dilakukan. Akhirnya pada hari Rabu (3/7/2019) sekira Pukul 01.30 Wib, Tim BNN kembali berhasil Pelaku lainnya yang bernama Zul dan Nazar di sebuah rumah yang berada di dalam Perkebunan Sawit di daerah Teluk Dalam, Kabupaten Asahan.

Wilayah Deli Serdang menjadi tujuan Tim BNN selanjutnya untuk melakukan pengembangan terhadap Pelaku lainnya. Beruntung, saat Tim sedang melakukan pencarian, tepatnya di Jalan Perhubungan Lao Dendang, Tembung, Medan, Tim BNN berhasil menemukan kembali mobil Avanza putih BK 1321 KIJ, yang sebelumnya berhasil lolos dari tangkapan.

Upaya untuk menghentikan mobil tersebut itupun dilakukan Petugas, namun mobil tersebut masih tetap berusaha untuk melarikan diri, bahkan menabrak dan berupaya mencelakai serta membahayakan petugas.

Melihat kondisi yang demikian, Tim BNN tak patah arang dan terus melakukan pengejaran serta berupaya memberikan peringatan dengan beberapa kali tembakan, namun tidak dihiraukan. Justru mobil Avanza tersebut terus melarikan diri, sehingga petugas mengarahkan tembakan yang terukur ke mobil tersebut.

Usai terjadi kejar- kejaran, akhirnya mobil  Avanza tersebut berhenti, namun beberapa orang keluar dari dalam mobil dan berusaha melarikan diri yang akhirnya bisa diringkus Petugas.

Pada saat dilakukan pemeriksaan, terdapat 3 orang Penumpang dari dalam mobil, diantaranya bernama Sulaeman, M Yusuf dan M Yasin. Namun, dua nama terakhir terlihat mengalami luka.

Upaya pertolongan pun dilakukan Petugas kepada mereka yang terluka dengan membawanya ke RS Haji Medan. Namun  setibanya di Rumah Sakit, M Yasin dinyatakan meninggal, sedangkan dan M Yusuf mengalami luka pada betis kaki kiri dan saat ini dirawat di RS Bhayangkara.

Dihari yang sama, sekira pukul 16.15 Wib, Tim BNN kembali berhasil seorang Pelaku lainnya yang bernama Tarmizi als Geng di salah satu Rumah milik Nisa yang beralamat di Gang Riski, Bandar Klipa, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang.

Kini, para Tersangka dan Barang bukti diamankan di BNNP Sumut untuk dilakukan pengembangan dan penyelidikan lebih lanjut. (red)
close