Banyak Calo Diduga Bermain Dengan Pegawai Disdukcatpil Langkat




Ilustrasi calo

Stabat-Metrolangkat.com


Sudah tidak menjadi rahasia lagi, jika di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) Kabupaten Langkat, banyak ditemui para Calo dalam pengurusan E-KTP, KK, Akta kelahiran dan surat menyurat lainnya.

Bahkan, keberadaannya dapat di temui hampir setiap hari di Kantor Disdukcatpil maupun disekitarnya saat jam kerja, seperti di halaman Parkir dan kantin yang berada di sebelah kantor Disdukcatpil Kabupaten Langkat di Jalan T.Amir Hamzah, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat.

Seperti yang terpantau Metro Langkat, Selasa (8/10/19) siang di warung/kantin yang ada di sebelah Kantor Disdukcatpil Langkat, seorang wanita dengan mengenakan jilbab hitam dan baju merah lengan panjang yang namanya tidak diketahui, tampak akrab berbicara dengan seorang Pegawai Kantor Disdukcatpil Langkat berpakaian seragam PNS lengkap.

Dimana keduanya sedang berbicara, dan wanita yang diduga Calo menyodorkan berbagai macam berkas, berupa Kartu Keluarga (KK) dan lainnya. Merasa di awasi awak media, Pegawai
yang berpakaian Dinas Kab Langkat yang namanya juga tidak diketahui itu, langsung melirik sambil memperhatikan dan tak lama berlalu pergi.

Sementara, sang wanita saat di tanya awak media terkait banyaknya berkas yang dibawanya tersebut, tampak dirinya menjawab dengan santai.

"Biasalah," ucapnya, sembari memasukkan berkas kedalam tas sandang yang di bawanya dan juga langsung beranjak pergi.

Maraknya pemberitaan tentang keberadaan Calo di sekitar Kantor Disdukcatpil Langkat,  tidak menyurutkan niat para Calo untuk menghentikan aktifitasnya. Sebab, kalaupun ada, terkesan hanya beberapa waktu saja disaat situasi panas, yang mana ada dugaan jika para Calo ini bermain dengan Pegawai Disdukcatpil.

Ramlan, salah seorang kordinator LSM Sidik Kasus mengatakan, jika benar di Disdukcatpil Langkat banyak Calo. Untuk itu, dirinya meminta Polres Langkat agar menertibkan keberadaannya, karena itu perbuatan ilegal dan melanggar hukum.

"Jika benar ada Calo, Dinas terkait harus mengambil sikap, karena itu mencoreng citra dan kinerja Bupati Langkat, kita minta Polres Langkat untuk menyikapi hal ini. Benar tidaknya ada Calo yang bermain dengan Pegawai, itu yang harus di ungkap. Jika benar ada Pegawai yang nakal, segera beri sanksi berat dengan dipecat," ucap Ramlan kepada Metro Langkat, sembari menambah agar segala bentuk Pungli dan Calo segera diberantas.

Terpisah, Mantan Sekretaris Disdukcatpil Langkat, M Sebayang, saat dikonfirmasi awak media, Kamis (10/10) Siang, menampik adanya praktek Percaloan yang diduga marak di Dinas tersebut.

Sebagai salah seorang yang pernah menjabat Sekretaris, dirinya juga menghimbau kepada warga agar langsung mengurusnya ke Kantor Disdukcatpil.

"Kalau untuk Calo gak ada. Pun begitu, bagi rekan rekan atau masyarakat yang ingin mengurus KTP maupun KK, silahkan langsung," ucapnya, sembari menutup telpon karena dirinya mengaku sedang membawa Mobil. (red/Bud)
Previous Post Next Post