Gempa Berkekuatan 2,8 SR Guncang Medan, Warga Tetap Beraktifitas Seperti Biasa



Foto ilustrasi net

Medan-Metrolangkat.com


Gempa Bumi berkekuatan 2,8 Skala Richter mengguncang Kota Medan, Kamis (3/10) sekira Pukul 12.21 Wib.

Berdasarkan hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menunjukkan gempa bumi itu berkekuatan 2,8 Skala Ricter yang terletak pada koordinat 3,49 LU dan 98,65 BT atau persisnya di darat pada jarak 22 km Tenggara Binjai, Sumatera Utara pada kedalaman 18 Km.

Namun, gempa yang terjadi tidak berdampak kepada aktifitas sebagian warga di Kota tetangga, yaitu Kota Binjai.

Udin (45) warga Kecamatan Binjai Selatan, mengaku malah sama sekali tidak merasakan guncangan akibat gempa tersebut. Dirinya memperoleh kabar soal gempa dari siswa SMPN 7 Binjai. Ia pun meresponnya heran.

“Mana ada gempa. Merasa biasa aja kok. Dimana gempanya? Besar rupanya,” ujarnya.

Hal senada juga diucapkan Remi, warga Kecamatan Binjai Utara. Gempa yang terjadi sekitar lima menit itu tak dirasakannya. Bahkan dirinya pun beraktifitas seperti biasa.

“Ada gempa dimana? Apa di Binjai? Enggak ada terasa dari tadi,” katanya.

Terpisah, Kepala BBMKG Wilayah I Medan Edison Kurniawan menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif.

“Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Medan dan Binjai II MMI,” katanya.

Kepada masyarakat, Edison menghimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” ujarnya. (red)

Post a Comment

Previous Post Next Post