Kapolres Binjai Terima Kunker Kompolnas RI




Binjai-Metrolangkat.com


Bertempat di Aula Catur Sakti Mapolres Binjai, Kapolres Binjai AKBP Nugroho Tri Nuryanto SH. SIK. MH, beserta Jajaran, menerima Kunjungan Kerja Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Republik Indonesia, sekaligus tatap muka, Rabu (9/10).

Hadir juga dalam kegiatan yang nengusung Tema "Polri Yang Profesional dan Mandiri" adalah Tokoh Agama, Tokoh Adat/Suku, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda yang berada di Wilayah Hukum Polres Binjai dan Polres Langkat.

Kapolres Binjai AKBP Nugroho Tri Nuryanto, menjelaskan bahwa wilayah hukum Polres Binjai selalu dalam keadaan kondusif berkat adanya kerjasama dengan seluruh elemen masyarakat dan para Tokoh Masyarakat.

"Kita berharap, Polres Binjai akan lebih baik dalam menjalankan tugasnya," ucap Kapolres.

Ditempat yang sama, Dirbinmas Polda Sumut Kombes Pol Drs Hondawantri Naibaho SH. Msi, menyampaikan bahwa Polisi tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan masyarakat.

"Karena banyak gangguan Kamtibmas. Polri juga saat ini banyak disoroti dalan penegakan hukum. Semisal penangkapan yang dilakukan di pemukiman, masih ada kita dengar dan lihat perlawanan dari masyarakat. Karena itu, segala tugas yang dilakukan tidak terlepas adanya dari tugas Bhabinkamtibmas," tegasnya.





Perwira Menengah Polisi dengan 3 Melati di pundaknya ini juga menambahkan, tugas dari Bhabinkamtibmas adalah selalu ada ditengah masyarakat dan terus berkomunikasi dengan masyarakat.

"Jadi, kalau pun ada masalah kecil, silahkan ditangani ditingkat Desa saja, tidak harus melaporkan ke Kantor Polisi, sehingga permasalahan ini bisa diselesaikan di tingkat Desa saja," sambung

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Binjai, Ustad Ahmad Nasir, mengatakan bahwa Kapolres Binjai kerap berdialog dengan masyarakat. Terlebih jika yang perlu dilakukan untuk melakukan musyarawarah bersama masyarakat.

"Sebab apa yang terjadi selama ini di Kota Binjai, selalu berjalan dengan baik. Begitu juga aksi demo yang dilakukan mahasiswa Kota Binjai beberapa hari yang lalu dapat berjalan dengan tertib dan damai," kata Ustad Ahmad Nasir, sembari mengatakan, sampai saat ini kondisi Kota Binjai masih dalam keadaan kondusif berkat adanya Kerjasama para Tokoh dan Pemuka masyarakat dengan Polres Binjai.

Dalam sesi dialog, Kompolnas RI yang diwakili oleh Ir Dede Farhan Aulewi SE. MM, menyebutkan, tidak ada persoalan yang tidak dapat dilakukan jika terus melakukan silaturrahmi.

"Kunjungan Kerja kami ke Binjai bertujuan mengumpulkan data untuk mengetahui bagaimana kendala atau kondisi yang dialami dilapangan," tuturnya.

Selain itu, lanjut Ir Dede Farhan Aulewi SE. MM juga mengatakan bahwa tugas Polri adalah untuk menjaga kondisi keamanan ditengah masyarakat dengan cara persuasif.

"Jika ada tindakan diluar hukum, Polri akan bertindak sesuai dengan prosedur. Seperti adanya permasalahan yang terjadi ditengah tengah masyarakat dengan mengedepankan perlindungan, pengayoman dan pelayanan. Hal itu agar Polisi lebih Profesional dan Mandiri," sambungnya.

Lanjutnya, Polri adalah menjadi milik seluruh rakyat Indonesia, dan Polri akan terus melakukan perbaikan perbaikan kearah yang lebih baik lagi nantinya. (ian)
Previous Post Next Post