Minimnya Becak dan Petugas Pengangkutan, Menjadi Penyebab Sampah Menggunung




Stabat-Metrolangkat.com


"Sampah" merupakan hasil dari berbagai aktifitas kegiatan dalam kehidupan manusia maupun sebagai hasil dari suatu proses alamiah, yang sering menimbulkan permasalahan serius diberbagai perkotaan didunia.

Nah... Permasalahan Sampah di berbagai Perkotaan tidak saja mengancam aspek keindahan dan kebersihan Kota tersebut, namun lebih jauh akan memberikan dampak Negatif bagi kelestarian lingkungan dan kesehatan masyarakat apabila tidak ditangani secara baik.

Pantauan awak media, seperti yang terjadi di Kabupaten Langkat, tepatnya di Stabat. Minimnya Pengelolaan dan penanganan, membuat sampah tampak berserakan di tepi tepi Jalan sekitar kota dan pasar baru Stabat, Kamis (3/10).

Sumarwito, yang menjabat sebagai Ka UPT di DLH kota Stabat, membenarkan kendala penanganan sampah tersebut. Hal itu diakibatkan banyaknya becak pengangkutan sampah yang mogok.

"Ada 5 unit Becak, tapi hanya 2 yang beroperasi untuk pengangkutan sampah yang di mulai di sekitar kota Stabat dan Pasar Baru. Sedangkan sisanya lagi sedang diperbaiki di Bengkel karena mengalami kerusakan," terangnya.

Terpisah, salah seorang Petugas Pengangkutan Sampah yang namanya tidak ingin disebutkan menjelaskan, ketidakseimbangan antara Jumlah Petugas dengan luasnya area pengangkutan sampah juga mempengaruhi kinerja Petugas.

"Akibatnya banyak sampah yang tak ditangani dalam 1 hari sekaligus, bahkan terkadang bisa berhari hari," tutur Petugas tersebut. (Dky)
Previous Post Next Post