-->

Iklan

Djohar Arifin Hadiri Pelantikan DPC Pemuda Tani Indonesia Kota Binjai

Senin, 11 November 2019, 19.52.00 WIB Last Updated 2019-11-12T01:57:49Z




Binjai-Metrolangkat.com


Bertempat di Army Cafe yang beralamat di Jalan Soekarno-Hatta, KM 19 Kelurahan Dataran Tinggi, Kecamatan Binjai Timur, Puluhan masyarakat Kota Binjai yang di dominasi oleh Pemuda, menghadiri Pelantikan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pemuda Tani Indonesia Kota Binjai, Periode 2019-2024, Minggu (10/11/2019) Sore.

Pelantikan tersebut ditandai dengan penyerahan Bendera yang dilakukan oleh Ketua DPD Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sumut, M Fadly Abdina SP. Msi, kepada Pengurus Cabang Binjai, dan dilanjutkan dengan pengucapan Sumpah seluruh Pengurus yang baru dilantik.

Dialog Publik juga ikut memgisi acara yang mengusung tema "Agribisnis Pertanian, Menjawab Tantangan Global Menciptakan Peluang Bagi Petani Milenial Yang Berdaya Saing Di Kota Binjai".




Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh hadirin, selanjutnya kegiatan diisi dengan laporan Ketua Panitia.

Dewan Pakar Pemuda Tani Indonesia, Prof dr Ir Djohar Arifin Husin, yang sengaja hadir dalam acara itu, mengatakan jika Indonesia adalah Surganya tanaman rempah rempah.

"Indonesia adalah Surganya tanaman rempah rempah, dan Surganya itu ada di Sumatera Utara," beber Pria berdarah Melayu, kelahiran Tanjung Pura, Kabupaten Langkat ini.

Pria yang saat ini juga duduk di Komisi X DPR RI ini juga mengatakan jika ada beberapa tanaman Pertanian yang saat ini bisa menambah penghasilan para Petani.

"Contohnya adalah tanaman Serai Wangi. Tanaman ini sudah bisa dipanen setelah 5 Bulan kemudian. Selain harganya yang lumayan, Tanaman ini juga bisa mengusir Nyamuk," beber Pria yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum PSSI ini.




Sementara itu, Dewan Penasehat DPC Pemuda Tani Indonesia Kota Binjai, Ir Agustawan Karnajaya, dalam sambutannya menyampaikan salam hangat dari Walikota Binjai, HM Idaham SH. Msi.

"Salam hangat dari Walikota Binjai untuk kita semua yang ada disini. Dalam kegiatan ini, Beliau (HM Idaham-red) disposisi ke saya," ucapnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Binjai ini juga mengajak masyarakat, khususnya yang ada di DPC Pemuda Tani Indonesia Kota Binjai, untuk selalu melakukan komunikasi serta berdialog dengan para Petani di Kota Rambutan ini.

"Pertanian kita butuh solusi. Bahkan Pertanian kita juga sangat sedikit disentuh oleh Pemuda. Untuk itu, dengan terbentuknya kepengurusan ini, saya berharap Pertanian kita hidup kembali sehingga bisa merubah kehidupan para Petani," harap Pria berkacamata ini.

Lebih lanjut dikatakan Agustawan Karnajaya, selaku Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Binjai, dirinya berharap semoga Pemuda Tani Indonesia Kota Binjai dapat terus melaksanakan tugasnya.

"Saya sangat meapresiasi DPC Pemuda Tani Indonesia Kota Binjai. Mereka adalah Perpanjangan tangan kami," tegasnya, seraya mengatakan jika pihaknya siap bersinergi dengan Pemuda Tani Indonesia Kota Binjai.

Ditempat yang sama, mewakili Agus Purwanto, Ketua DPC Pemuda Tani Indonesia Kota Binjai yang tidak bisa hadir karena keluarganya sedang mengalami musibah, mengaku siap mengemban tugas yang diberikan serta bekerjasama dengan Pemerintah Kota Binjai.

"Lahan Pertanian semakin berkurang di Binjai karena disebabkan sudah beralih fungsi menjadi Perumahan atau yang lainnya. Untuk itu, kami akan memberikan solusi lainnya seperti memanfaatkan lahan pekarangan warga," bebernya.

Dalam acara itu, Ketua DPD Pemuda Tani Indonesia Sumut, M Fadly Abdina, juga ikut memberikan sambutannya dihadapan seluruh hadirin. Menurutnya, Pelantikan tersebut sangat berarti dan bermakna. Sebab, selain akan menjalankan Program yang sudah di buat, Pelantikan ini juga bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan, yaitu tanggal 10 November.

"Semoga semangat ini akan terus dibawa oleh seluruh Pengurus DPC Pemuda Tani Kota Binjai," ucap M Fadly Abdina dengan penuh semangat.

Pun begitu, M Fadly Abdina juga mengakui jika sebelumnya DPC Pemuda Tani Kota Binjai minim kegiatan, dikarenakan Pimpinan sebelumnya aktif sebagai Komisioner KPU.

"Kita tidak ingin lagi cerita teori. Sebab, ketika kita mengkritisi kinerja Pemerintahan, kita juga harus mempunyai Poin Poin yang harus kita sampaikan untuk mencari solusinya," ungkapnya.

Untuk itu, dalam Pertanian, M Fadly Abdina berharap agar masyarakat jangan hanya dijadikan sebagai Objek, akan tetapi dijadikan sebagai Subjek.

"Bagaimana caranya supaya kita mendorong Petani untuk maju? Salah satu caranya adalah menyiapkan Penyuluh, karena para Petani pasti membutuhkan Penyuluhan," katanya.

Kepada Pengurus DPC Pemuda Tani Kota Binjai, M Fadly Abdina meminta agar kedepannya bisa menjembatani untuk memajukan penghasilan serta menjadi Advokasi bagi para Petani apabila tersandung masalah.

"Untuk itu, kita harus turun ke Desa dan berinteraksi langsung dengan para Petani," tegasnya, sembari mengatakan jika salah seorang Petani Kota Binjai berhasil menjadi Pemenang perlombaan dengan ide Tanaman Hidroponik, sehingga diharapkan ilmu Pertanian itu bisa ditularkan kepada Petani lainnya.

Diketahui, dalam Surat Keputusan Dewan Pengurus Daerah Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sumatera Utara, dengan nomor : KPTS/70/DPD-PETANI/SU/IX/2019, tentang Pengesahan Dewan Pengurus Cabang Pemuda Tani Indonesia Kota Binjai Periode 2019-2024, mengangkat Agus Purwanto S.Pd M. Kesos, sebagai Ketua DPC Kota Binjai. Sementara Wakil Ketua dipercayakan kepada Eka Putradyn Kj Sitepu dan Edi Sahputra.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Pengurus DPC Pemuda Tani Indonesia Kota Medan dan Langkat, Pengurus DPC Pemuda Tani Indonesia Kota Binjai, serta Puluhan masyarakat yang umumnya menekuni bidang Pertanian. (put)
Komentar

Tampilkan

Terkini

Nasional

+