-->

Iklan

Perjuangkan Nasib Para Atlit, Djohar Arifin : Kembalikan Fungsi Gelora Bung Karno

Kamis, 14 November 2019, 20.28.00 WIB Last Updated 2019-11-14T13:28:03Z




Prof. DR. Ir. H. Djohar Arifin Husin

Jakarta-Metrolangkat.com


Anggota Komisi X DPR-RI dari Fraksi Gerindra, Dato' Seri Prof. DR. Ir. H. Djohar Arifin Husin, berharap agar Senayan Gelora Bung Karno dikembalikan fungsinya sebagai tempat Olahraga bagi para atlit Indonesia.

Sebab menurutnya, prestasi Olahraga di Indonesia dari tahun ke tahun dalam grafik di ajang Sea Games terus menurun.

"Ini akan terus terjadi dan sulit dikembalikan ke posisi yang terbaik, seperti kita pernah berulang ulang menjadi Juara Umum di Sea Games. Kita sekarang berada di Posisi ke-5. Artinya saat ini bisa dipertahankan saja sudah sangat bagus, karena persiapan atlit kita sangat minim fasilitas untuk latihan," ucap Djohar Arifin, saat di konfirmasi awak media, Kamis (14/11).

Menurut Pria berdarah Melayu yang pernah menjadi Ketua Umum PSSI ini, saat ini Induk Organisasi Olahraga, kewalahan untuk mencari tempat latihan bagi para Atlit. Sebab, Gelora Bung Karno yang sebelumnya bisa dijadikan untuk tempat berlatih, tapi saat ini sudah sangat Komersil.

"Induk Organisasi tidak mampu lagi membayar sewa yang begitu mahal dan ini tentunya menjadi hal yang sangat memilukan. Kita punya Fasilitas, tetapi tidak bisa dipakai sewaktu waktu oleh Atlit kita," ungkap Djohar.

Untuk itu, Pria kelahiran Tanjung Pura ini sangat berharap agar Gelora Bung Karno di kembalikan fungsinya.

"Bung Karno mendirikan komplek Olahraga di Senayan adalah untuk membangkitkan prestasi para Atlit Indonesia yang bisa membanggakan nama Negara kita di Forum Internasional. Tapi yang kita dapatkan sekarang ini sudah tidak lagi seperti yang diharapkan oleh Bung Karno. Jadi sudah luar biasa Komersilnya," bebernya.

Agar para Atlit Indonesia dapat kembali berlatih di Gelora Bung Karno, Tokoh Nasional ini meminta dan berharap kepada Menpora, untuk sesegera mungkin membicarakannya dengan Presiden Jokowi.

"Kembalikan fungsi Gelora Bung Karno untuk kepentingan Olahraga. Caranya yaitu, Gelora Bung Karno harus dibawah Menpora. Jadi, pengelolaan fasilitas Olahraga di seluruh komplek Gelora Bung Karno harus dibawah kontrol Menpora," ucap Pria yang duduk di Komisi X DPR RI, yang membidangi Olahraga, Pendidikan dan Sejarah ini, seraya menegaskan jika hal itu bisa terealisasi, maka para Atlit kapan saja bisa berlatih sesuai susunan Program latihan yang telah dibuat.

Guru Besar di Universitas Islam Sumatera Utara ini juga menegaskan jika hal ini sudah menyalahi semangat Bung Karno yang mempunyai tujuan untuk meolahragakan Indonesia.

"Dulu begitu ramainya Senayan diisi oleh Atlit Atlit yang ingin berlatih dari Pagi hingga Malam hari dan terus menerus. Tapi sekarang sepi dan kosong karena mahalnya uang sewa dan dianggap seperti Komersil Bisnis," ungkap Suami Marina Hutabarat ini dengan nada kesal.

Sebagai salah seorang yang saat sangat mencintai Olahraga, Djohar Arifin Husin mengaku kasihan terhadap para Atlit yang ingin mengharumkan nama Indonesia, namun tidak didukung dengan fasilitas yang memadai.

"Di Negara lain, seperti di Malaysia, Singapura, Thailand, komplek Olahraga dibawah kontrol Menteri Olahraganya. Jadi jangan berharap atau pun bermimpi jika Olahraga Indonesia akan kembali berjaya kalau fasilitasnya sangat minim," sebut Pria kelahiran 13 September 1950 ini.

Diakhir pembicaraannya, Djohar Arifin Husin berharap kepada Presiden Jokowi, semoga diawal kepemimpinannya yang kedua ini, terjadi perubahan besar dalam pembinaan Olahraga serta mendapat perhatian, sehingga Olahraga kita dapat kembali berjaya. (red)
Komentar

Tampilkan

Terkini

Nasional

+