-->

Iklan

GP3M 2019 Sukses Digelar, Kadis Pendidikan Langkat Apresiasi PKBM&SKB

Kamis, 07 November 2019, 18.56.00 WIB Last Updated 2019-11-07T12:31:00Z




Tari persembahan menyambut tamu sarasehan GP3M

P. Brandan-MetroLangkat.com


Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat, sukses menggelar acara Serasehan Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (GP3M). 

Acara di gelar di Gedung Persatuan Wanita Patra (PWP) Pertamina P. Brandan, Kamis (7/11/19) siang.

GP3M merupakan program pendidikan pemberdayaan diluar sekolah, dengan sasaran perempuan marjinal untuk dapat meningkatkan keterampilan dimasyarakat dengan lembaga pelatihan

Sehingga dapat meningkatkan prekonomian keluarga dengan pemanfaatan sumber daya dan potensi yang ada di daerah masing-masing.

Kegiatan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Langkat Dr. H.Saiful Abdi. SH. MPd,  Kepala Bidang PLS Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kab Langkat Nelson Bangun.S.Pd,

Ketua TP PKK Kab Langkat yang diwakili oleh Ketua Dharma Wanita Langkat Hj.Indra Salahuddin, Dinas Pariwisata Kab Langkat, Dinas Tenaga Kerja Kab Langkat, serta Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang ada di Kabupaten Langkat.

Hadir sebagai Narasumber Direktur Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Kemendikbud RI yang diwakili oleh BP PAUD dan Diknas Sumut, Iwan Talam Banua.

Dalam kata sambutannya, Kadis P dan P Kabupaten Langkat Dr. H.Saiful Abdi. SH. MPd, mengatakan, dengan kegiatan ini dapat meningkatkan produktifitas masyarakat terutama kaum ibu, yang bertujuan meningkatkan prekonomian masyarakat.

"Pelatihan-pelatihan yang diberikan Dinas Pendidikan di luar sekolah kepada masyarakat terus dilanjutkan, hal ini bertujuan menciptakan wanita kreatif dengan menghasilkan barang berekonomis jual

Sehingga dari produk yang dihasilkan dapat menambah pendapatan ekonomi keluarga dan tidak hanya berpangku tangan kepada suami," ucap Dr. H.Saiful Abdi. SH. MPd.

Hal senada juga disampaikan Iwan Talam Banua, selaku BP PAUD Dikmas Sumut, dimana dirinya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan GP3M Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat 2019 ini

Karena program PAUD dan Dikmas khususnya Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PKHP) bukan hanya sekedar teori, tetapi kegiatan yang betul-betul dilaksanakan di tengah masyarakat, dan produk keterampilan yang dihasilkan bernilai ekonomis jual dalam peningkatan pendapatan keluarga.

Lebih lanjut dirinya juga mengatakan, jika BP PAUD dan Dikmas siap membina PKBM dan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Langkat dalam melaksanakan program-program dalam pencapaian standart nasional pendidikan.

Dalam kegiatan ini, juga digelar pameran stand display produk PKHP milik PKBM dan Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) SKB Langkat, diantaranya dari PKBM Al Maksum, PKBM Anak Desa, PKBM Al Barokah, PKBM Cahaya, PKBM Nurul Huda, serta stand pameran  SPNF SKB Langkat.

Dimana produk -produk yang ditampilkan (dipamerkan) merupakan hasil kerajinan buatan sendiri oleh ibu-ibu, yang selama ini telah mengikuti pelatihan di beberapa Desa yang ada di Kabupaten Langkat, yang dibina oleh PKBM dan SKB yang ada di Kabupaten Langkat

Adapun produk yang di pamerkan, seperti aneka ayaman yang terbuat dari purun, terasi siap konsumsi, aneka kuliner,  kripik,  kue, dodol, aneka minuman dingin, serta aksesoris bros dagu  dan kerajinan lainnya.

"Alhamdulillah acara ini berjalan lancar,  dengan tema 'Kita tingkatkan  kecakapan hidup perempuan menjadi lebih terampil dan mandiri' kita berharap semoga kedepannya program pemberdayaan wanita (PKHP) dapat ditingkatkan," ucap Muliani, selaku koordinator pelaksana kegiatan.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Kemendikbud RI yang telah memberi program kepada PKBM dan SKB melalui program PKHP dan Desa Vokasi dalam peningkatan keterampilan ibu-ibu di wilayah kerja PKBM dan SKB. (Bud)



Komentar

Tampilkan

Terkini

Nasional

+