-->

Iklan

Tim Tekhnisi Kementerian Perhubungan Lakukan Pemadatan Jalur KA Binjai -Besitang

Jumat, 15 November 2019, 06.54.00 WIB Last Updated 2019-11-14T23:54:14Z

Pemadatan jalur KA Binjai-Besitang. (rud) 


Langkat - Metrolangkat.com

Tim tekhnisi jajaran Kementerian Perhubungan Darat lakukan pemadatan jalur rel kereta api jurusan Binjai-Besitang.

Menurut Dedet, salah seorang tekhnisi yang dikonfirmasi www.metrolangkatbinjai.com 
mengatakan, bahwa pihaknya hanya bertugas melakukan pemadatan jalur rel trans sumatera yang sudah beberapa tahun dilakukan perbaikan menggunakan lokomotif dan gerbong khusus pemadatan.

Menurutnya, mereka merupakan tim khusus dari Binjai yang memang ditugaskan untuk memadati jalur rel di sepanjang jalur kereta api jurusan Binjai-Besitang.

"Yang kita lakukan bukan uji coba, tapi memang tekhnisi khusus melakukan perawatan, pemadatan serta menjaga kelenturan bantalan rel yang telah selesai dikerjakan sejak beberapa tahun lalu. 

Kalau masalah uji coba, itu merupakan kewenangan pihak Balai Perkereta Apian Wilayah Sumut di Medan," ujar Dedet sembari sibuk memperbaiki beberapa peralatan rangkaian Lokomotif yang terlihat mengalami kerusakan di jalur rel kawasan Batang Serangan, Kamis (14/11/2019) sore.

Menurutnya, pihaknya sudah beberapa bulan terus melakukan perawatan dan pemadatan jalur rel untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Saat ditanya apakah selama melakukan perawatan jalur rel ini pihaknya ada menemukan perlengkapan sarana jalur rel yang hilang, Deden mengakuinya.

"Ya, pastilah ada. Kita menemukan klem penahan rel yang hilang atau baut. Tapi gak signifikan. Yang sering diambil pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab itu bebatuan pecah yang fungsinya untuk melenturkan bantalan rel.

 Bebatuan pecah yang memang diserakkan di tengah dan di sisi kanan-kiri jalur rel ini sangat penting untuk menjaga kelenturan," terangnya.

Saat ditanyakan kapan kereta api jurus Medan-Binjai-Besitang ini dimulai, mengingat janji pemerintahan Jokowi bahwa kereta api untuk jalur trans Sumatera-Aceh akan dioperasikan awal tahun 2018, Deden tetap mengatakan jika itu bukan kewenangannya.

"Kalau itu kewenangan Balai Besar Wilayah Perkereta Apian Sumut, Bang. Memang jalur rel ini terus dibangun sudah memasuki wilayah Aceh. Coba Abang tanyakan saja ke Balai Perkereta Apian di Medan," ujarnya sembari tersenyum.(rud)
Komentar

Tampilkan

Terkini

Nasional

+