Iklan

Jumat, 13 Desember 2019, 11.59.00 WIB
Last Updated 2019-12-14T12:04:42Z
Pentas Pilkada

Bawaslu Binjai Gelar Ujian Tes Tertulis Berbasis Komputer Untuk Calon Panwas

Berita Viral


Ketua Bawaslu Binjai Ari Nurwanto, melihat para Peserta Calon Panwas mengikuti ujian

Binjai-Metrolangkat.com


Sebanyak 271 Kabupaten/Kota yang tersebar di seluruh Indonesia, secara serentak hari ini menggelar seleksi Ujian tes tertulis berbasis Komputer Calon Panitia Pengawas (Panwas) untuk Tingkat Kecamatan yang digelar oleh Badan Pengawas Pemilu, Jumat (13/12).

Salah satu Kabupaten/Kota yang mengikuti kegiatan itu adalah Kota Binjai. Di Kota berjuluk Kota Rambutan ini, sebanyak 69 peserta, mengikuti seleksi Ujian tes tertulis berbasis Komputer Calon Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan se-Kota Binjai, Jumat (13/12).

Kegiatan yang digelar di Yayasan An-Naas, Jalan Tjut Nyak Dhien, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Binjai Timur ini, dibagi dalam 4 Session. Sedangkan waktu yang ditentukan adalah 90 Menit dalam 1 Session.

Dari jumlah peserta tersebut yang mengikuti seleksi Ujian tes tertulis berbasis Komputer, nantinya hanya 15 peserta yang akan terpilih atau dinyatakan lulus.




Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Binjai, Ari Nurwanto SH MH, saat dikonfirmasi awak media dilokasi kegiatan mengatakan, hasil ujian para Peserta yang mengikuti ujian tes tertulis ini dapat diketahui langsung beberapa menit kemudian setelah selesai mengikuti ujian.

"Untuk pendaftarnya ada 69 orang. Sedangkan ujian dibagi dalam 4 Session. Untuk hasil ujiannya, para peserta dapat melihatnya sekitar 10 menit usai ujian," ucapnya.

Sedangkan untuk para peserta, ungkap Ari Nurwanto, seluruhnya berasal dari 5 Kecamatan yang ada di Kota Binjai.

"Untuk para Peserta wajib dari Binjai, karena nantinya akan kita tempatkan di Kecamatan masing masing," beber Ari Nurwanto, sembari mengatakan jika di setiap Kecamatan nantinya akan diisi oleh 3 orang Panwas.

Lebih lanjut dikatakan Ari Nurwanto, untuk mengikuti ujian ini, para peserta sebelumnya sudah memenuhi syarat syarat yang sudah ditentukan oleh Bawaslu.

"Untuk syaratnya minimal berusia 25 tahun, pendidikan SMA sederajat, serta saat ini tidak tergabung atau sudah berhenti minimal 5 tahun di Partai Politik dan bersedia kerja penuh waktu," bebernya, seraya mengatakan jika tugas para Panwas ini nantinya adalah mengawasi jalannya Pemilu pada Pilkada Binjai 2020, serta menangani pelanggaran di Kecamatan masing masing.

Usai mengikuti ujian tes tertulis berbasis Komputer, para Peserta diwajibkan mengikuti mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu Session Wawancara yang akan digelar pada esok hari, Sabtu 14 Desember 2019.

Ari menambahkan, untuk kelulusan para Peserta, nantinya akan diumunkan pada tanggal 18 Desember mendatang, sedangkan Pelantikannya direncanakannya pada 23 Desember 2019.

"Usai dinyatakan lulus, para Peserta wajib mengikuti tes urin dan menjalani tes kejiwaan," beber Ari Nurwanto, sembari menambahkan jika hasil pengumuman nantinya dapat dilihat secara Online melalui Website Bawaslu Binjai www.binjai.bawaslu.go.id, atau melalui Media Sosial Facebook dan Instagram.

Sebagai Ketua Bawaslu Kota Binjai, Ari Nurwanto juga menghimbau kepada para peserta agar tidak mempercayai oknum yang mengaku bisa meluluskan Peserta untuk menjadi anggota Panwascam di Kota Binjai.

"Karena kelulusan itu murni dari kemampuan para Peserta," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ari Nurwanto juga menghimbau kepada masyarakat, untuk memberikan tanggapan kepada para Calon Panwas yang ada di Kota Binjai. Hal itu agar Bawaslu Binjai bisa melihat rekam jejak Calon itu sendiri.

"Untuk Pelapor, namanya kita jamin dirahasikan," tegas Ari.

Pantauan awak media, dari 69 orang yang mengikuti ujian di Session I yang digelar mulai Pukul 08.00 Wib, satu orang peserta tidak hadir.

"1 orang tidak hadir di Sesi Pertama, yaitu atasnama Sarwo Edi dari Kecamatan Binjai Timur. Sanksinya adalah akan di Diskualifikasi," kata Ari.

Berikut rincian jumlah peserta berdasarkan Kecamatan masing masing yang ada di Kota Binjai :

Kecamatan Binjai Utara 26 peserta

Kecamatan Binjai Kota 8 peserta

Kecamatan Binjai Barat 9 peserta

Kecamatan Binjai Timur 16 peserta

Kecamatan Binjai Selatan 10 peserta. (red)