Iklan

Senin, 23 Desember 2019, 22.11.00 WIB
Last Updated 2019-12-23T15:11:22Z
Pentas Pilkada

Bawaslu Lantik Panwascam Se-Kota Binjai

Berita Viral



Binjai-Metrolangkat.com


Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Binjai menggelar Pelantikan dan Pembekalan Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan terpilih se-Kota Binjai dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Binjai tahun 2020. Kegiatan ini berlangsung di Lantai ll Hotel Graha Kardopa, Jalan Hasanuddin, Kecamatan Binjai Kota, Senin (23/12) malam.

Acara yang diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan menyanyikan Mars Bawaslu dan Doa ini dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kota Binjai Ari Nurwanto SH, Ketua KPU Binjai Zulfan Effendi, Walikota Binjai diwakili Kaban Kesbangpol HT Syarifuddin, Dandim 0203/LKT diwakili Pasi Sandi Lettu Sudargo, serta puluhan tamu undangan lainnya.

Ketua panitia Pokja yang juga anggota Bawaslu Kota Binjai, Syainul Irwan SH. M.Si, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada 15 anggota Panwascam Kota Binjai yang sudah mengikuti seluruh tahapan hingga terpilih dan dilantik.

"Diketahui, dari 69 Peserta mendaftar, namun saat mengikuti seleksi ujian tes tertulis pada 13 Desember kemarin, 2 peserta tidak hadir. Selanjutnya, pada tes wawancara, sebanyak 3 peserta tidak hadir. Hingga akhirnya terpilihlah 15 anggota Panwascam yang siap dilantik pada malam ini," ucap Syainul Irwan.

Untuk itu kata Syainul Irwan, kepada 15 anggota yang akan dilantik, syukuri apa yang telah dicapai saat ini.





Sementara itu, Ketua Bawaslu Binjai, Ari Nurwanto SH, secara resmi melantik 15 anggota Panwascam terpilih se-Kota Binjai untuk Pilkada Walikota dan Wakil Walikota di Pemilu 2020.

"Kepada seluruh anggota Panwascam terpilih, kami berharap saudara semuanya melaksanakan tugas sesuai perundang undangan yang betlaku dan bertanggung jawab atas tugas dan fungsinya," pesan Ari Nurwanto kepada seluruh anggota Panwascam.

Selanjutnya, Pengambilan dan pengucapan sumpah serta janji para anggota Panwascam se-Kota Binjai dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Binjai, Ari Nurwanto SH, dan disaksikan oleh para tamu undangan lainnya.

"Bertanggung jawab serta memelihara sumpah dan janji, serta dapat di laksanakan dengan penuh tanggung jawab dan kejujuran," harap Ari, seraya menegaskan kepada seluruh anggota Panwascam untuk memenuhi tugas dan tanggung jawab dengan sebaik baikknya berdasarkan Undang Undang Dasar 1945.

"Kami menghimbau dalam menjalankan tugas dan wewenang agar menjalankannya dengan adil, jujur dan cermat. Mengutamakan kepentimmngan Negara daripada kepentingan golongan dan pribadi," sambung Ari Nurwanto.

Usai pengambilan sumpah dan janji, selanjutnya seluruh anggota Panwascam se-Kota Binjai melakukan penandatanganan sumpah dan jabatan secara satu persatu. Dilanjutkan pembacaan dan penandatanganan fakta integritas.

Penyerahan SK (Surat Keputusan) Panwascam, menjadi acara selanjutnya yang dilakukan langsung secara simbolis oleh Ari Nurwanto.

Diberitakan sebelumnya, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Binjai, mengumumkan nama nama anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam) terpilih dalam Pemilihan Walikota tahun 2020, Rabu (18/12).

Sesuai rilis yang diterima redaksi, dalam pengumuman bernomor : 022/Bawaslu-Prov.SU-26/POKJA/KP.01.00/XII/2019, ada 15 nama yang lulus menjadi Panwascam di 5 Kecamatan yang ada di Kota Binjai.

Menurut Ari Nurwanto, hal itu dalam rangka melaksanakan amanat peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia No 19 Tahun 2017, sebagaimana diubah terakhir dengan Bawaslu RI No 8 tahun 2019.

Dipilihnya 15 anggota Panwascam, karena Kota Binjai menjadi salah satu dari 271 Kabupaten/Kota di Indonesia, yang akan ikut menggelar Pilkada serentak tahun 2020.

Berikut nama nama ke-15 orang yang tersebut,

Kecamatan Binjai Utara :
1. Muhammad Usman
2. Dedi Harianto
3. M Rizal Aulia Lubis

Kecamatan Binjai Kota :
1. Muhammad Iksan
2. Ade Koto
3. Herliani Ariani

Kecamatan Binjai Barat :
1. Samsuar
2. Erwin Purba
3. Suhedra

Kecamatan Binjai Timur :
1. Erwin Suprihatin
2. Dewi Supriani Hasmar
3. Leo William

Kecamatan Binjai Selatan :
1. Muhammad Rio
2. Muhammad Nasution
3. Ilhamsyah Putra. (red)