Iklan

Jumat, 27 Desember 2019, 14.31.00 WIB
Last Updated 2019-12-27T07:31:58Z
Berita Hari Ini

Beberapa Orang Terjangkit DBD, Warga Tanah Seribu Berharap Segera Dilakukan Fogging

Berita Viral



Foto net

Binjai-Metrolangkat.com


Demam Berdarah Dengue (DBD) bisa menyerang siapa saja, baik yang tua atau muda. Bahkan, organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan sekitar setengah dari populasi manusia di dunia berisiko terkena penyakit ini.

Di Negara Indonesia sendiri pun termasuk negara rawan DBD dengan catatan kasus yang cukup tinggi. Data terbaru Kemenkes RI per Februari 2019 melaporkan jumlah kasus DBD skala nasional mencapai 13.683 jiwa dan 133 orang di antaranya meninggal dunia.

Sebab, penyakit virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegepti dan Aedes albopictus betina, kerap terjadi di daerah tropis dan subtropis.

Biasanya, seseorang yang terinfeksi virus ini untuk kedua kalinya memiliki risiko yang jauh lebih besar terserang penyakit parah. Bahkan, diperlukan diagnosis medis untuk mengetahui penyakit ini.

Sedangkan gejalanya adalah demam, ruam, serta nyeri otot dan sendi. Pada kasus yang parah terjadi pendarahan hebat dan syok, yang dapat membahayakan nyawa.

Hal ini juga yang dialami oleh warga Binjai, khususnya yang berada di Lingkungan V, Kelurahan Tanah Seribu, Kecamatan Binjai Selatan.

Menurut salah seorang warga sekitar yang mengaku bernama Zulkifli, keresahan warga sekitar diakibatkan sudah adanya 5 orang yang terindikasi penyakit DBD.

"Di lingkungan sini setidaknya sudah 5 orang yang terkena penyakit DBD," beber Zulkifli, Jumat (27/12).

Untuk itu, Zulkifli dan warga sekitar lainnya berharap kepada Instansi terkait seperti Dinas Kesehatan Kota Binjai, untuk melakukan Fogging di sekitar Lingkungan mereka.

"Hal itu agar penyakit yang dialami warga dapat segera teratasi dan tidak penyakit itu tidak menular ke warga lainnya," ungkap Heri, warga lainnya yang juga mengaku bertempat tinggal di lingkungan V Kelurahan Tanah Seribu, Kecamatan Binjai Selatan. (red)