Iklan

Loading...

Diduga Menjadi Penadah Hasil Curian, 4 Pria Diamankan Polsek Besitang

Tuesday, December 10, 2019, 10:15:00 PM WIB Last Updated 2019-12-10T15:48:32Z
Loading...
Loading...


3 dari 4 Pelaku beserta barang bukti dan kediaman korban 

Langkat-Metrolangkat.com


Diduga telah melakukan Tindak Pidana Pencurian serta menjadi Penadah hasil Curian Sepeda Motor, 4 orang Pria yang diduga menjadi Pelakunya, berhasil diamankan Petugas Kepolisian dari Polsek Besitang, Selasa (10/12) Sore, sekira Pukul 16.00 Wib.

Adapun para Pelaku yang berhasil diamankan tersebut adalah H Irfan Syahrani (55) warga Dusun I Titi Hitam, Kelurahan Teluk Meku,  Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat. Anto (43) warga Gang Meriam, Kelurahan Sei Bilah, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat. M Jeferson (52) warga Sei Bilah Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat. Endang Sufrizal (50) warga Jalan Sei Bilah, Lingkungan VI Desa Sei Bilah, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat. 

Ke-empat Pria ini diamankan Petugas berdasarkan laporan Polisi nomor : LP /73/ XII / 2019 / SU / Langkat / Sek-Besitang, tertanggal 10 Desember 2019, atasnama Pelapor yang juga Korban adalah Wili Andi (38) warga Lingkungan X Sei Meran, Kelurahan Bukit Kubu, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat.

Bersama para Pelaku yang menjalankan aksinya pada Hari Selasa (10/12) dinihari tersebut, Petugas berhasil mengumpulkan barang bukti berupa 1 Unit Sepeda Motor merk Honda Revo Nopol BK 3736 PAP, serta 1 buah STNK Honda Revo Nopol Bk 3736 PAP.

Menurut informasi yang berhasil dirangkum, kejadian bermula saat Pelapor (Korban) pada hari Senin (9/12) malam, sekira Pukul 23.00 Wib, memasukkan Sepeda Motor miliknya (Honda Revo BK 3736 PAP) keruangan tengah yang ada didalam rumahnya.

Usai memasukkan Sepeda Motor, korban yang tidak mempunyai Firasat apapun kalau rumahnya akan dibobol oleh kawanan maling, langsung masuk kedalam kamar untuk beristirahat.

Namun, pada saat terbangun karena hendak buang air kecil dan berjalan melalui ruang tengah, alangkah terkejutnya korban karena Sepeda Motor miliknya sudah tidak ada.

Merasa ada yang tak beres, Korban pun berjalan kearah Pintu belakang (Dapur) rumahnya. Kecurigaan Korban pun akhirnya terbukti setelah melihat Gerendel Pintu yang dipasang Gembok, telah dirusak oleh tamu tak diundang.

Akibat musibah yang dialaminya tersebut, akhirnya Korban Beserta sang Istri segera pergi ke Mapolsek Besitang, guna melaporkan kejadian yang dialaminya sekaligus membuat pengaduan agar diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

Petugas pun langsung bergerak cepat setelah menerima laporan dari Korban. Terbukti, Kapolsek Besitang AKP Adi Alfian SH, langsung memerintahkan Kanit Reskrim Ipda Ferry Sirait, untuk melakukan pengecekan dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Usai melakukan olah TKP, Petugas akhirnya mengetahui ciri ciri Pelaku dan langsung melakukan pengejaran.

Pencarian pun akhirnya menemukan titik terang. Sebab, setelah berpencar dan mencari keberadaan para Pelaku, akhirnya Team Opsnal Reskrim Polsek Besitang berhasil menemukan Sepeda Motor milik Korban berada di tempat Pegadaian milik seorang warga yang diketahui bernama H Irfan Syahrani.

"Usai mengetahui bahwa Sepeda Motor itu adalah milik korban, kami akhirnya mengamankan seorang Pria yang membeli barang hasil curian itu," beber Kapolsek Besitang, AKP Adi Alfian SH.

Setelah dilakukan interogasi, sambung Kapolsek Besitang, terduga Pelaku mengatakan jika dirinya menerima barang gadaian Sepeda Motor hasil curian tersebut dari 3 orang Penadah yang tak lain merupakan para terduga Pelaku yang tak lama kemudian langsung diamankan Petugas setelah mendapat keterangan dari pemilik Gadaian Sepeda Motor itu.

"Terduga Pelaku berinisial HIS mengaku jika ia membayar Sepeda Motor itu kepada ketiga orang penadahnya sebesar Rp 1.600.000 (Satu Juta Enam Ratus Ribu Rupiah)," beber AKP Adi Alfian.

Tak berhenti sampai disitu, setelah berhasil meringkus 3 orang Penadah dan 1 orang Pemilik Gadaian Sepeda Motor, Team Opsnal Polsek Besitang mencari keberadaan Penjual Sepeda Motor milik yang juga diduga sebagai Pelaku pembobol rumah Korban.

Namun, pada saat Petugas mendatangi kediamannya, ternyata pelakunya sudah tidak berada dirumah yang dikontrak oleh Pelaku.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, ke-empat pelaku penadah tersebut dibawa ke Polsek Besitang, untuk di proses sesuai hukum yang berlaku.

Akibat dari kejadian itu, korban ditaksir mengalami kerugian sebesar Rp 13.700.000 (Tiga Belas Juta Tujuh Ratus Ribu Rupiah). (ian/red)
Komentar

Tampilkan

Terkini

Nasional

+
close
Loading...