Iklan

Kamis, 05 Desember 2019, 20.37.00 WIB
Last Updated 2019-12-05T13:38:37Z
Berita Terkini

Perda Kawasan Tanpa Rokok Di Langkat Mandul

Berita Viral

Kawasan tanpa rokok yang dipasang iklan rokok. 

Langkat, Metrolangkat.com

Pemerintah Kabupaten Langkat telah menentukan kawasan bebas tembakau rokok, periklanan rokok melalui peraturan daerah (Perda)  No 01 tahun 2019 tentang kawasan tanpa rokok (KTR).

Tempat-tempat yang dinyatakan bebas rokok seperti fasilitas kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat anak berkumpul dan bermain, tempat ibadah, angkutan umum,tempat kerja dan tempat umum. 

Tak hanya dilarang merokok ditempat tempat ini. Dikawasan KTR juga dilarang mengikutsertakan anak dibawah usia 18  untuk mempromosikan rokok dan  produk tembakau lainya. 

Pada Pasal 10 dalam Perda KTR ini juga ditegaskan perihal larangan bagi setiap orang dilarang merokok, menjual,mengiklankan dan mempromosikan produk tembakau dan lain-lain ditempat yang disebutkan diatas.

Sedangkan sangsi pidana bagi yang melangar larangan sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 10 diancam penjara paling lama 3 (tiga) bulan,atau pidana denda paling banyak Rp. 5000,0000 rupiah. 

Sayangnya Perda yang baru dilahirkan ini sepertinya "Mandul". Atau kurangnya sosialisasi dimasyarakat sehingga dilapangan masih ditemukan pelangaran yang dilakukan. 

Seperti pantauan metrolangkat.com Kamis (5/12) tampak jejeran baliho rokok disepanjang jalan Proklamasi Stabat tepatnya dilapangan Alun-alun Amir Hamzah. Padahal kawasan ini masuk KTR.(yong)