Iklan

Selasa, 10 Desember 2019, 14.23.00 WIB
Last Updated 2019-12-10T07:23:31Z
Berita Hari Ini

Kelurahan Alur Dua Baru Gelar Seminar Kesehatan

Berita Viral



Kegiatan seminar kesehatan PHBS Kelurahan Alur Dua Baru

Sei Lepan-Metrolangkat.com


Dalam rangka menciptakan perilaku hidup sehat di masyarakat, Pemerintah Kelurahan Alur Dua Baru Kecamatan Sei Lepan Kabupaten Langkat, menggelar seminar kesehatan. Selasa (10/12/19).

Acara digelar di halaman kantor Lurah Alur Dua Baru di Jalan Besitang No 2, dengan narasumber Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat melalui UPT Kesehatan Puskesmas Sei Lepan Desa Lama, acara di hadiri Camat Sei Lepan Faizal Rizal Matondang. S.Sos.M.Ap, serta staf pemerintah Kelurahan dan ratusan masyarakat.

Dalam kata sambutannya, Camat Sei Lepan Faizal Rizal Matondang. S.Sos.M.Ap, sangat mendukung program pemerintah Kelurahan Alur Dua Baru, dalam menciptakan hidup bersih di masyarakat melalui program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

PHBS sangat perlu bagi masyarakat, bukan hanya untuk diri pribadi melainkan lebih dari itu, perilaku hidup bersih harus ditanamkan sejak usia dini di mulai dari lingkungan keluarga.

"Sadar akan PHBS menciptakan anggota keluarga menjadi sehat dan tidak mudah sakit, anak tumbuh sehat dan cerdas, dan ini bisa di tularkan kepada orang lain, di mulai dengan hal-hal kecil menjaga kebersihan diri sendiri," ucap Camat.

Sementara itu, Rasmia Gayo.AMg didampingi Sri Darmawati selaku tenaga Pelaksana Gizi Puskesmas Sei Lepan Desa Lama, menyampaikan, PHBS di rumah tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tau,mau dan mampu melaksanakan PHBS serta berperan aktif dalam kesehatan keluarga dan masyarakat.

Dirinya juga menjelaskan, rumah tangga yang sehat dapat melakukan berbagai macam kegiatan PHBS, diantaranya, menjadi kader Posyandu, memberi ASI eklusif, menimbang bayi dan balita, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban (WC) sehat, membrantas jentik di rumah, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan tidak merokok di dalam rumah, serta penjelasan tentang hidup sehat lainnya.

Serli Efianti.S.Sos selaku Lurah Alur Dua Baru, mengatakan, dengan kegiatan seminar PHBS ini, masyarakat di ajak untuk dapat menciptakan hidup sehat baik didalam keluarga maupun di masyarakat.

"Banyak cara yang dapat di terapkan dalam menciptakan PHBS, semoga dengan apa yang telah disampaikan oleh nara sumber, masyarakat dapat memahami arti dan pentingnya hidup sehat, kedepannya kita Pemerintah Kelurahan Alur Dua Baru akan selalu aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat, dan menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, aman dan nyaman," ucap Lurah Serli Efianti.S.Sos. (Bud)