Iklan

Kamis, 19 Desember 2019, 01.54.00 WIB
Last Updated 2019-12-18T18:54:34Z
Pentas Pilkada

KPU Binjai Gelar Rakor Pengamanan Pemilu Serentak 2020

Berita Viral




Binjai-Metrolangkat.com


Rapat Kordinasi (Rakor) Pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2020, berlangsung di Aula Kantor KPU Kota Binjai, Jalan Jend Gatot Subroto, Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat, Rabu (18/12) Sore.

Dihadiri oleh belasan orang, rapat kordinasi pengamanan Pemilu kali ini dipimpin oleh Komisioner KPU Kota Binjai, yang juga Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Arifin Saleh. Sedangkan Syaiful Azmi yang menjabat sebagai Sekretaris KPU Binjai, dipercaya untuk menjadi moderator.

Pimpinan Rakor, Arifin Saleh, dalam sambutannya mengatakan, hingga saat ini, KPU Kota Binjai telah melaksanakan 5 agenda kegiatan terkait penyelenggaraan Pemilu tahun 2020.

"Adapun 5 agenda itu ialah penandatanganan NPHD dengan Pemko Binjai, sosialisasi tentang tahapan pencalonan Pilkada Kota Binjai tahun 2020, penetapan syarat jumlah dan persebaran dukungan bagi Paslon perseorangan peserta Pilkada kota Binjai tahun 2020, launching Pilkada Kota Binjai tahun 2020, serta Bimtek pencalonan Pilkada kota Binjai tahun 2020," urai Arifin Saleh.

Sementara itu, Pasi Sandi dari Kodim 0203/LKT, Lettu Inf Sudargo, dalam menyampaikan pesannya berharap agar sosialisasi tentang Pemilu kepada siswa SMA ditiadakan. Hal itu bertujuan agar para pikiran para Siswa tidak terkontaminasi oleh Politik.

Tidak hanya itu, ungkap Lettu Inf Sudargo, pihaknya juga berharap agar keberadaan dan penggunaan Rumah Pintar Pemilu (RPP) didampingi oleh Personel TNI dan Polri.

"Tujuannya untuk mengantisipasi adanya kepentingan Politik oleh oknum tertentu," tegasnya.

Ditempat yang sama, Kabid Wasnas Kesbangpol Kota Binjai, Nelly Rosa, mempertanyakan manfaat RPP bagi Siswa untuk tingkat SD dan SMP.

"Apakah pemanfaatan RPP oleh siswa SD dan SMP tidak terlalu dini," tanya Nelly.

Kanit l Politik Sat Intelkam Polres Binjai, Aiptu Hariadi, yang hadir dalam Rakor tersebut menegaskan jika perlu di antisipasi adanya kemungkinan pelanggaran Pidana ataupun Perdata, serta Money Politic dalam proses pengumpulan data dukungan oleh calon perseorangan.

Hal senada terkait pengamanan Pemilu 2020 juga disampaikan oleh Monang Sitohang yang mewakili Kasi Intel Kejari Binjai. Dikatakannya jika pimpinan di Kejaksaan menegaskan bahwa pemalsuan dokumen dalam rangka penyelenggaraan Pemilu, dapat di Pidana dengan Pasal 263, ataupun dijadikan kasus perdata.

Posda Binjai Binda Sumut, Ismail, juga menegaskan agar dalam kegiatan sosialisasi tentang Pemilu yang dilakukan oleh KPU kota Binjai, hendaknya turut dijelaskan tentang Jargon “Kenali Rekam Jejak Calon Pemimpinmu" serta apa yang dimaksud dengan Politik identitas.

"Tidak hanya itu, kami juga berharap agar penyelenggara Pemilu melakukan koordinasi secara Vertikal dan Horisontal tentang larangan Politik identitas dan sanksinya," ungkap Ismail, seraya menambahkan bahwa tujuannya tersebut agar diperoleh batasan yang jelas terkait hal tersebut, sehingga tidak terjadi kebingungan di masyarakat, serta penegakan hukum oleh Gakkumdu dapat dilaksanakan secara adil dan bijak.

Menyikapi seluruh pertanyaan itu, Pimpinan Rakor, Arifin Saleh, akhirnya memberikan tanggapannya. Menurutnya, Sosialisasi Pemilu kepada Siswa SMA di Sekolah, merupakan bagian dari upaya mencerdaskan pemilih Pemula yang akan berdampak pada tingkat partisipasi dan kualitas hasil Pemilu.

Lanjut Arifin Saleh, pemanfaatan RPP oleh siswa SD dan SMP, juga tidak terlalu dini. Sebab, hal itu masih berhubungan dengan materi PPKN yang diajarkan di Sekolah.

"Kedepan juga akan dilaksanakan Rakor khusus terkait pelibatan Satpol PP, yaitu tentang aturan dan ketentuan APK," ujar Arifin Saleh.

Untuk itu, lanjutnya, KPU Bawaslu kota Binjai akan berkoordinasi dan akan berkonsultasi secara Vertikal sesuai kelembagaan masing-masing untuk memperjelas batasan “Politik Identitas” yang dikaitkan dengan hak warga dalam menggunakan hak pilihnya terhadap salah satu Paslon.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Binjai Arifin Saleh serta seluruh Komisioner KPU Binjai, Ketua Bawaslu Binjai Arie Nurwanto, Kabid Tramtib Satpol PP Binjai A Sihotang, Pa Sandi Kodim 0203/LKT Lettu Inf Sudargo, Kanit l Politik Sat Intelkam Polres Binjai Aiptu Hariadi, mewakili Kasi Intel Kejari Binjai Monang Sitohang, Sekretaris KPU Binjai Syaiful Azmi, Kabid Wasnas Kesbangpol Binjai Nelly Rosa Hasibuan, Posda Binjai Binda Sumut Ismail, serta Para Kasubbag Sekretariat KPU Binjai. (red)