Iklan

Senin, 16 Desember 2019, 21.06.00 WIB
Last Updated 2019-12-16T14:06:20Z
Berita Hari Ini

Masyarakat Langkat Diminta Siap dan Siaga..

Berita Viral

Asisten 1 Abdul Karim

Stabat-Metrolangkat.com

Jelang tahun baru 2020, Prakiraan BMKG Wilayah I Medan, curah hujan kategori menengah sampai tinggi akan terjadi dibeberapa daerah di Sumut.

Ungkap Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Asisten I Pemerintah Drs.Abdul Karim MAP, saat memimpin apel gabungan ASN dijajaran Pemkab Langkat, di Halaman Kantor Bupati Langkat, Stabat, Senin (16/12/2019). 


Hal itu, sambung Karim, berpotensi banjir, gerakan tanah/longsor, yang akan berdampak pada pemukiman, lahan sawah dan infrastruktur lainnya. 


Untuk itu, dihimbau kepada masyarakat Langkat, agar selalu siap dan siaga saat terjadi bencana. Serta diharapkan memiliki kesadaran hidup dikawasan rawan bencana. 

"Masyarakat harus memahami dan melakukan usaha -usaha untuk mengurangi resiko-resiko bencana itu, " harapnya. 

Cara yang bisa dilakukan,terang Karim, antara lain membangun rumah tahan gempa, menanam pohon agar terhindar dari bencana banjir dan tidak membuang sampah sembarangan. 
Masyarakat juga harus melatih dirinya sendiri maupun orang terdekatnya, untuk menyelamatkan diri saat terjadi bencana. 

Asisten I juga meminta kerjasama seluruh elemen masyarakat bersama instansi terkait, untuk melakukan upaya-upaya pencegahan mitigasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman bahaya bencana alam. 


Dengan melakukan sosialisasi kesiapsiagaan antisipasi kepada masyarakat. Menyiagaan sumberdaya perangkat daerah. Menata kembali kawasan perumahan, pemukiman, pertanian dan bangunan lainnya. Mengendalikan IMB sesuai dengan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Melakukan pengawasan/pemantauan kegiatan berpotensi ahli fungsi hutan. Membuat posko 24 jam diwilayah kecamatan se Langkat. Men-standbykan alat komunikasi (HP), serta selalu update info BMKG terutama tentang cuaca/iklim. (yan/.)