-->

Iklan

Idaham : Informasi Merupakan Kebutuhan Yang Dibutuhkan Kita

Kamis, 19 Desember 2019, 14.45.00 WIB Last Updated 2019-12-19T07:46:54Z




Binjai-Metrolangkat.com


Bertempat di Gedung Diklat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Binjai, Jalan WR Mongonsidi, Kelurahan Satria, Kecamatan Binjai Kota, berlangsung kegiatan Penguatan Kapasitas Pengelola Pelayanan Informasi Publik Tahun 2019, Kamis (19/12) Siang.

Walikota Binjai HM Idaham, dalam sambutannya yang dibacakan Sektetaris Dinas Kominfo Kota Binjai, Amran, menegaskan bahwa  informasi merupakan kebutuhan yang sangat di butuhkan bagi kita semua.

"Keterbukaan informasi publik merupakan hak dasar yang diperlukan bagi manusia. Kebutuhan itu diatur oleh peraturan Perundang Undangan, yakni Undang Undang Nomor 14 Tahun 2018, tentang Keterbukaan Informasi Publik," ucapnya.

Sementara itu, ditunjuk sebagai Pemateri, Iwan Sutani Siregar, S.STP, M.Si, yang menjabat sebagai Kasi Layanan Informasi Publik Dinas Kominfo Prov Sumut, memaparkan tentang Uji Konsekuensi Daftar Informasi Publik Yang Dikecualikan".

Dipaparkan Iwan Sutani Siregar, Sebelum Undang Undang No 14 Tahun 2008 terbit, bahwa informasi itu sifatnya sangat tertutup, bahkan Undang Undang tersebut mulai berlaku di tahun 2010.

"Badan publik adalah Badan atau Lembaga yang operasionalnya di biayai oleh APBN maupun APBD. Sedangkan Jenis informasi publik yang tidak dikecualikan atau informasi yang tidak diminta masyarakat namun wajib diumumkan adalah meliputi informasi Berkala, informasi serta merta, dan informasi setiap saat," ungkap Iwan.

Lebih lanjut dikatakan Iwan Sutani Siregar, adapun nformasi yang dikecualikan adalah informasi yang boleh tidak diberikan kepada masyarakat, karena jika informasi itu dibuka dapat mengeluarkan dampak bagi pemangku kepentingan.

"Melaksanakan Pengujian atau Uji Konsekuensi terhadap usulan Informasi Publik yang dikecualikan yang diusulkan oleh PPID pembantu dari OPD agar dapat dibuatkan dengan Peraturan Walikota sesuai dengan kewenangan yang dimilikinya," beber Iwan Sutani Siregar.

Kegiatan Penguatan Kapasitas Pengelola Pelayanan Informasi Publik Tahun 2019 ini dihadiri oleh Kadis Kominfo yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Komando Kota Binjai Amran, Perwakilan OPD Kota Binjai, Narasumber Iwan Sutani Siregar S.STP M.Si, serta Operator PPID se-Kota Binjai. (red)
Komentar

Tampilkan

Terkini

Nasional

+