Iklan

PSBD Asahan, Etnis Sunda Tampilkan Tari Jaipong

Tuesday, December 3, 2019, 5:09:00 PM WIB Last Updated 2019-12-03T10:09:01Z




Asahan-Metrolangkat.com


Walau diguyur hujan, Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Kabupaten Asahan ke-4 tahun 2019, Senin (2/12) malam, etnis Sunda menampilkan beragam kesenian budaya daerah Sunda.

Beragam kesenian daerah etnis Sunda yang ditampilkan antara lain, Pencak silat, Balawedang, Siluwangi, Macan Tutul, serta tarian Jaipong dan tari Kembang Panji.

Tampilan beragam kesenian itu sangat menarik, sehingga membuat suasana malam pagelaran kesenian menjadi hangat.

"Kami Paguyuban Warga Sunda menyadari bahwa di Kabupaten Asahan, etnis Kami merupakan minoritas. Namun kami punya keyakinan besar  bahwa 'Ibarat sepuluh rumpun padi jumlahnya tidak sepuluh tapi seribu' karena setiap rumpun memiliki seratus bulir  sebagai benih yang akan berkembang biak," kata Ketua Paguyuban Warga Sunda, Heri Purnama SH.

Pada kesempatan itu, Heri juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan, yang telah menggelar Pagelaran Seni Budaya Daerah Asahan untuk yang ke-4 kalinya.

"Semoga pagelaran ini tetap terus berlangsung," katanya.

Ditempat yang sama, Ketua PWS Batu Bara, Ahmad Hadian, yang juga merupakan anggota DPRD Sumatera Utara, dalam sambutannya mengatakan bahwa  etnis Sunda adalah merupakan bagian dari masyarakat Kabupaten Asahan.

“Paguyuban Warga Sunda adalah merupakan bagian dari masyarakat Kabupaten Asahan. Kami warga Sunda siap membangun karya dan karsa yang Kami bisa," kata Hadian.

Sebab, menurut Ahmad Hadian, Paguyuban Warga Sunda kedepan mempunyai keinginan dan mimpi untuk dapat membangun sebuah rumah ada etnis Sunda yang permanen. Hingga Kami PWS berharap Kabupaten Asahan dapat menjadi daerah yang memiliki Destinasi Wisata budaya adat yang ada di Sumatera Utara.

"Maka untuk itu, kami juga berharap kiranya Pemerintah Kabupaten Asahan dapat menyediakan lahan untuk semua etnis yang ada di Kabupaten Asahan," harap Ahmad Hadian.

Sementara itu, Bupati Asahan H Surya Bsc, dalam kata sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan, Sopyan, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada etnis Sunda yang telah menampilkan berbagai kesenian budaya yang dimiliki.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan mengucapkan terima kasih kepada etnis Sunda yang mampu melestarikan budaya lokal maupun kebudayaan etnis Sunda lainnya," ucapnya.

Lanjut Sopyan, semoga dengan berbagai keberagaman dan perbedaan yang kita tampilkan di ajang PSBD ke-4 tahun 2019 ini, kita tetap satu. Sebab, dengan tampilnya kesenian budaya etnis Sunda, diharapakan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi para generasi muda yang akan datang.

“Intinya dalam acara Pagelaran Seni Budaya Daerah, tidak ada mayoritas dan minoritas. Kita semua sama dalam satu bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Berbeda-beda namun tetap satu," ujar kadis diakhir sambutannya. (dep)
Komentar

Tampilkan

Terkini

close