Iklan

Rabu, 18 Desember 2019, 17.18.00 WIB
Last Updated 2019-12-18T10:18:11Z
Berita Hari Ini

Sidak Ke Bahorok, H Zainuddin Purba Soroti Truk Galian C Melebihi Tonase

Berita Viral




Langkat-Metrolangkat.com


Salah seorang anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, H Zainuddin Purba SH, bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT) Binamarga, menggelar Inspeksi mendadak (Sidak) di Dusun Turanggie, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Rabu (18/12).

Dalam Sidak tersebut, H Zainuddin Purba juga melihat Jembatan yang amblas diakibatkan banjir, serta menyoroti infrastruktur berupa jalan dari Kota Binjai menuju ke Objek Wisata Bukit Lawang.

Menurut Pria yang kerap disapa Pak Uda ini, dari 80 Km panjang jalan jalur Binjai - Bukit Lawang, hanya tinggal beberapa ruas lagi yang belum mendapatkan Pembangunan berupa perbaikan jalan.

"Lebih kurang tinggal 8 Kilometer lagi yang belum diperbaiki. Sedangkan di Tahun Angaran 2020 ini, sepanjang 3 Kilometer akan dilakukan perbaikan jalan. Maka akan tersisa 5 Kilometer yang masih rusak," ungkap Pak Uda.

Pun begitu, lanjut Legislator dari Partai Golkar ini, perbaikan akan menjadi sia sia semuanya, jika Dinas Perhubungan Provinsi Sumut, tidak mampu menjalankan aturan yang dibuatnya sendiri.

"Yaitu melarang Truk galian C melintas dengan kelebihan Tonase," ucapnya.

Diakui Pak Uda, pada saat ia meninjau jalan longsor yang ada di Dusun Turanggie, Bahorok, dirinya melihat begitu banyak Dump Truk Besar bermuatan galian C, yang melintas dan menindas jalan yang baru di Hotmix oleh Pemerintah Sumut.

"Kalau seperti itu, pakai besi sekalipun di Hotmix, pasti jalan ini tidak akan mampu menahan beban yang melebehi Tonase," beber H Zainuddin Purba dengan nada kesal.

Untuk itu, lanjutnya, usai melakukan Sidak ditempat tersebut, maka
semua permasalahan akan segera dirangkum untuk disampaikan dalam Paripurna Reses pada tanggal 20 Desember 2019 mendatang. (red)