Iklan

Sabtu, 21 Desember 2019, 18.13.00 WIB
Last Updated 2019-12-21T11:13:26Z
Anak Negeri

SMK Putra Anda Binjai Launching Program Teaching Factory "Bakery & Cake Shop"

Berita Viral




Binjai-Metrolangkat.com


Pentingnya penyediaan sumberdaya manusia (SDM) yang terampil diwujudkan Pemerintah melalui kebijakan peningkatan mutu Pendidikan Kejuruan yang memberi perhatian pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Sebab, pengembangan SMK saat ini mulai bergerak dari orientasi pasar tenaga kerja lokal kepada pasar tenaga kerja Asean menyambut masyarakat ekonomi Asean (MEA), serta mempersiapkan para lulusan dengan pembekalan karakter kewirausahaan (entrepreneurship).

Sedangkan penerapan teaching factory di SMK, merupakan wujud dari salah satu upaya Direktorat Pembinaan SMK untuk lebih mempererat kerjasama atau sinergi antara SMK dengan industri.






Seperti yang dilakukan di SMK Swasta Putra Anda yang beralamat di Jalan WR Mongonsidi, Kelurahan Satria, Kecamatan Binjai Kota. Berkat keterampilan dan kemauan para Siswa Siswinya, khususnya untuk Jurusan Tata Boga, akhirnya hari ini, Sabtu (21/12) mereka menggelar Launching Teaching Factory.

Adalah "Bakery & Cake Shop" yang kali ini diresmikan oleh SMK Swasta Putra Anda Binjai. Dalam peresmian ini, Pihak Sekolah (Yayasan Putra Anda Sumut) menggandeng PT Bogasari sebagai mitranya.

Sagino S.Pd, yang mewakili Kabid Pendidikan Sumatera Utara, dipercaya untuk menggunting Pita, tanda telah diresmikan Bakery & Cake Shop yang ada di SMK Putra Anda Binjai, serta merupakan hasil karya anak didik jurusan Tata Boga.

Saat dikonfirmasi awak media, Pria berdarah Jawa ini meapresiasi para Pengurus, Dewan Guru, serta anak didiknya yang mempunyai tekad dan kemauan, sehingga pembekalan karakter kewirausahaan dapat terwujud.

"Kemampuan siswa-siswi untuk menghasilkan karya itu merupakan hasil dari metode belajar Teaching Factory yang diterapkan di SMK Putra Anda Binjai. Untuk itu, kedepannya saya berharap agar perijinan seperti dari Depkes atau pun Sertifikat Halal, segera bisa diurus," beber Sagino.

Lebih lanjut dikatakannya, bagian dari Pemasaran (Marketing-red) juga tidak kalah penting untuk memasarkan produk yang kita hasilkan. Untuk itu, Sagino berharap agar hal itu dipikirkan pihak Sekolah.

"Kwalitas dan mutu terus dijaga. Sedangkan untuk pemasarannya, saya berharap dari dalam (Lingkungan Sekolah-red) dulu," harapnya.

Pada kesempatan itu, Sagino juga menegaskan jika Teaching Factory ini adalah upaya mengenalkan para Siswa dan Pengajar dibalik kesuksesan.

"Percayalah, kalau ini sudah berjalan, maka usaha ini akan terus lancar," ungkap Sagino, seraya mengatakan jika Teaching Factory ini sudah dikemas dalam Program pembelajaran dan berharap program ini harus memberikan manfaat.

Ditempat yang sama, Ketua Yayasan Putra Anda Sumut Hj Syarifah Hanum Lubis, melalui Wakilnya Misria Siregar ST, mengatakan dengan Launching Teaching Factory ini, dirinya berharap hal ini akan sukses kedepannya.

"Alhamdulillah, dengan di launchingnya Bakery & Cake Shop, semoga hal ini dapat menular ke Jurusan lainnya yang ada di Sekolah ini," ungkapnya.

Di Sekolah yang mempunyai 14 Jurusan ini, ungkap Misria Siregar, pihaknya selalu memberikan Sosialisasi, Pembekalan, Desiminasi, sehingga program Teaching Factory bekerjasama dengan PT Bogasari, dapat diresmikan hari ini.

"Terima kasih kepada semua Pihak yang telah mendukung sampai hari ini, hingga kami berhasil me-Launching program ini. Ini baru awal dan Insya Allah akan terus kami tingkatkan," ungkapnya, sembari mendapat aplaus dari para tamu undangan.

Selain Sagino yang mewakili Kabid Pendidikan Sumatera Utara, turut hadir dalam kegiatan Launching Program Teaching Factory kali ini adalah Kepala Sekolah Putra Anda Binjai Drs H Safrizal S.Pd, mewakili Kacabdis Pendidikan Stabat adalah Kasi DMK Mochtar M.Pd, Jupiter Hendra Kurniawan dari PT Bogasari, Pengawas Dinas Pendidikan Putra Anda Binjai Saritua Situmorang, Wakil Ketua Yayasan Putra Anda Misria Siregar, serta para Dewan Guru dan Pengurus Yayasan Putra Anda. (red)