Iklan

Tari Barantai Isi Malam Pengelaran Seni Budaya Daerah Asahan

Wednesday, December 4, 2019, 4:22:00 AM WIB Last Updated 2019-12-03T21:22:04Z
Etnis Banjar memperlihatkan tarianya pada acara PSBD Asahan


Asahan, Metrolangkat.com

Etnis Banjar Kabupaten Asahan tampilkan tradisi Batumbang Apam dalam acara Pagelaran  Seni Budaya Daerah (PSBD) Kabupaten Asahan ke 4 tahun 2019,Selasa malam (3/12) berlangsung dilapangan Graha depan terminal Madya Kisaran.

Ketua panitia pelaksana kegiatan PSBD Asahan Rianto SH MAP dalam kata sambutannya mengucapkan terima kasih atas kegiatan pelaksanaan kegiatan kesenian budaya etnis Banjar

"Marilah kita mencintai seni budaya yang kita miliki serta dapat melestarikan dan menumbuh kembangkannya  ditengah masyarakat, sehingga kesenian budaya kita dapat dikenal dan dicintai oleh  masyarakat dan generasi muda kita"

Selain itu Rianto, mengajak semua etnis yang ada agar dapat menunjukkan jati diri dan bangga menjadi keturunan dari salah satu etnis/suku

"Misalnya saya,bangga menjadi keturunan orang suku Jawa. Dimanapun saya berada di seluruh Indonesia, saya selalu katakan diri saya orang Jawa karena itulah jati diri saya sebagai keturunan Jawa' ujar Rianto

Maka untuk itu Rianto mengajak etnis Banjar agar dapat menunjukkan jati dirinya dan bangga menjadi keturunan orang dari suku Banjar.

Ditempat yang sama tokoh masyarakat etnis Banjar yang juga merupakan Wakil Ketua DPRD Asahan Rosmansyah dalam sambutannya mengajak seluruh etnis Banjar agar dapat saling  bahu membahu guna menyelesaikan pembangunan rumah adat etnis Banjar.

"Saya apresiasi kegiatan Pagelaran Seni Budaya Daerah Asahan yang tergabung dalam wadah  Forkala dibawah kepemimpinan bang Rianto dan penggagas PSBD abangnda Sopyan Yoga"kata Rosmansyah

Sementara itu pengurus kerukunan ubuhan etnis Banjar Provinsi Sumatera Utara Hidayatullah yang diwakili Muhammad Mukhlis mengatakan masyarakat etnis Banjar harus dapat memberikan kontribusi dan berperan dalam membangun Bangsa.

"Maka untuk itu saya minta orang Banjar jangan sukan mengaku orang Banjar"ujar Mukhlis.

Sementara itu Bupati Asahan H Surya Bsc dalam kata sambutannya yang diwakili oleh Kaban Kesbang Drs Sori Muda Siregar menyampaikan permohonan maaf bapak Bupati tidak dapat hadir karena berada diluar kota.

Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan senantiasa selalu mendukung dan mengapresiasi setiap kegiatan Pagelaran Seni Budaya Daerah yang diselenggarakan.

Sebab, Pagelaran Seni Budaya Daerah adalah merupakan  sebagai sarana dan upaya untuk melestarikan seni budaya dan adat agar dapat tumbuh dan dicintai oleh masyarakat


"Selain itu PSBD adalah merupakan sarana aktualisasi  dalam mencari solusi yang tepat untuk mengembangkan bernagai seni budaya yang ada di Indonesia"ujar Sori Muda.


Maka untuk itu, Sori mengajak seluruh etnis Banjar  agar dapat menumbuhkan rasa cinta, kebersamaan,tekad untuk tetap melestarikan kesenian dan budaya yang kita miliki agar tidak sirna dan hilang.


Oleh karena itu,melalui seni budaya daerah Banjar  yang tampil saat ini, Kita berharap dapat menciptakan serta mewujudkan masyarakat Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri ucap Sori diakhir sambutannya.

Pagelaran Seni Budaya Etnis Banjar menampilkan Tari Barantai  yang merupakan salah satu tarian  nasional

Kemudian menampilkan tradisi suku Banjar Batumbang Apam yang merupakan tradisi turun-temurun berupa hajat,nazar ataupun selamatan  yang biasa disebut upah-upah.


Tradisi Batumbang Apam merupakan budaya Banjar dengan cara melakukan lelang kue apam  kepada masyarakat. Acara seni budaya etnis Banjar diakhiri dengan kesenian tradisi Madihin ..(Dep)
Komentar

Tampilkan

Terkini

close