Iklan

Minggu, 15 Desember 2019, 10.46.00 WIB
Last Updated 2019-12-15T03:46:41Z
Kabar Asahan

Terus Berprestasi, Pemkab Asahan Terima Penghargaan Kategori Gemarikan dan Forikan

Berita Viral




Asahan-Metrolangkat.com


Di penghujung tahun, raihan  prestasi atas keberhasilan Kabupaten Asahan memberikan pelayanan kepada masyarakat terus mengalir dan diperoleh Pemerintah Kabupaten Asahan.

Kali ini, prestasi berupa penghargaan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dan penghargaan pelaksanaan terbaik Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) tahun 2019 kembali diterima Pemerintah Kabupaten Asahan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Penghargaan Gemarikan diterima oleh Bupati Asahan H Surya, yang diwakili oleh Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Ir Hazairin. Sedangkan penghargaan Forikan diterima oleh Ketua Forikan Ny Hj Titiek Sugiharti Surya yang diwakili Ketua Pokja 3 TP PKK Kabupaten Asahan, Nur Aslamiyah, yang diberikan langsung oleh Menteri Perikanan dan Kelautan Edy Prabowo, pada acara puncak Indonesian Seafood Expo 2019, Sabtu (14/12) bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta.

Hasil yang diraih Pemerintah Kabupaten Asahan tidak terlepas dari program NKRI jilid 1 dan jilid 2 dalam menggagas dan menuangkan konsep kebijakan sektor kelautan dan perikanan berbasis pada pengelolaan ekonomi perikanan dari hulu hingga hilir.





Penghargaan Gemarikan dan Forikan adalah merupakan konsep Pemerintah yang terfokus pada pengelolaan sektor kelautan dan perikanan.

"Serta penguatannya serta pemenuhan sarana dan prasarana kebutuhan  bagi pelaku usaha perikanan hingga  pemenuhan kebutuhan pemasaran hasil perikanannya, didukung oleh Pemerintah Kabupaten," ucap Ketua Forikan Kabupaten Arahan," Hj Titiek Sugiharti Surya.

Tak hanya di sektor perikanan tangkap saja yang terus dipacu peningkatannya oleh Pemerintah, akan tetapi  hasil produk olahan perikanan melalui program Gemarikan dan Forikan juga ikut dipacu.

“Intinya Kita terus ikut mendorong  upaya percepatan peningkatan keberhasilan konsumsi ikan ditengah-tengah masyarakat melalui berbagai program kegiatan. Terutama pada peningkatan banyaknya menu olahan masakan ikan yang variatif dan beragam," bebernya.

Menurut Titiek Surya, percepatan dorongan dan motivasi itu Kita lakukan melalui kegiatan yang dilaksanakan oleh TP PKK Kabupaten Asahan, yang sering terlihat  dalam lomba masakkan serba ikan dan hampir setiap tahunnya rutin Kita Laksanakan.

Sementara itu, Bupati Asahan H Surya Bsc, dalam keterangan persnya yang disampaikan oleh Kadis Perikanan dan Kelautan Ir. Hazairin mengatakan bahwa Kita sangat bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan yang kita peroleh dari Kementerian Perikanan dan Kelautan.

Dengan diperolehnya penghargaan ini Kita sebagai masyarakat Kabupaten Asahan haruslah banyak mengkonsumsi ikan.

Sebab, mengkonsumsi ikan merupakan salah satu sumber protein yang sangat berguna bagi kecerdasan, terutama untuk anak-anak Kita yang memasuki masa pertumbuhannya.

“Jadi untuk itu marilah Kita biasakan dan gemar makan ikan secara terus menerus agar otak dan tubuh Kita menjadi sehat," kata Hazairin.

Upaya membudayakan gemar makan ikan, terus dilakukan Pemerintah  Kabupaten Asahan  dalam setiap kesempatan. Berbagai kegiatan sosialisasi maupun promosi terus dilakukan agar masyarakat Asahan  gemar makan ikan.

Kita terus lakukan sosialisasi maupun promosi agar masyarakat Asahan gemar makan ikan terutama para anak-anak agar menjadi cerdas dan pertumbuhan tubuhnya menjadi sehat sehingga Kabupaten Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri dapat terwujud.

"Selain itu, kelak kedepan Bangsa kita menjadi Bangsa yang kuat dan cerdas secara intelektual khususnya di Kabupaten  Asahan," sebut Hazairin.(Dep)