Iklan

Senin, 09 Desember 2019, 19.42.00 WIB
Last Updated 2019-12-09T12:42:48Z
Berita Hari Ini

Tiap Malam Warga Stabat Diteror Suara Walet

Berita Viral
Gedung penangkaran walet. (yong) 


Langkat, Metrolangkat.com

Beberapa tahun belakangan ini masyarakat yang tinggal dikawasan Stabat Kota, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat dibuat tak tenang tidur malam. 

Pasalnya, suara kicau burung walet dari lubang penangkaran terus berbunyi sepanjang hari siang dan malam. 

Suara tiruan burung walet yang menggunakan pengeras suara ini, hampir mengelilingi kota stabat. Gedung-gedung penangkar walet menjulang tinggi seperti bangunan hantu. 

Pada siang hari suara kicauan tersebut tidak begitu menganggu warga. Sebab warga sibuk dengan aktifitas masing-masing. 

Namun, menjelang sore hari atau memasuki magrib, suara bising burung walet recorder tersebut mulai menganggu. 

Warga yang hendak menunaikan ibadah Sholat magrib menjadi tidak tenang,khususnya mereka yang menunaikan Sholat di masjid raya Stabat. 

Dan menjelang malam,kegelisahan baru terasa. Suasana malam yang mulai hening menjadi terusik dengan remix suara burung walet tiruan.

Akibatnya, warga yang hendak beristirahat menjadi terganggu karena suara tiruan walet tadi terasa begitu mengganggu gendang telinga. 

" Memang luar biasa jahannam ini Pengusaha walet,sampai jam 01.00 wib.. Suara tape recodingnya masih berbunyi di seputaran stabat kota... Ini saya mengambil vodeonya jam 01.00 wib." Tulis Ketua PK KNPI Kec Stabat Syahrul Sarun  dihalaman FB nya meluapkan kekesalanya

Mohon kepada Pemkab Langkat agar ditertibkan,kami merasa terganggu untuk beristirahat..

Tolong kami masyarakat di sekitar penangkaran walet.  Tolong kami bapak Bupati Langkat, tolong kami bapak Gubernur Sumut.

Keluhan ini kami sampaikan agar kalian tahu bagaimana keadaan dilingkungan kami.

Apakalian terus tutup mata dan telingga atau kalian juga Menerim upeti. Kami atas nama masyarakat dan Pemuda KNPI Stabat menyampaikan ini." Tulis Syahrul kecewa. 

Terpisah Wakil Bupati Langkat H Syah Afandin mengaku akan menyikapi keluhan masyarakat soal bunyi bising recorder penangkaran sarang burung walet tadi. 

Segera akan kita panggil dinas terkait untuk mempertanyakan ijin dan meninjau keberadaanya. " Jawab Ondim pangilan akrab wakil Bupati ini. (yong)