Iklan

Selasa, 21 Januari 2020, 23.11.00 WIB
Last Updated 2020-01-21T16:11:36Z
Hukum dan kriminal

5 Kali Sukses Merampok, Ahirnya Juned Takluk Ditangan Petugas

Berita Viral

Pelaku penjambretan yang meresahkan saat diamankan petugas

Binjai,Metrolangkat.com

Perampok bernama Junaidi alias Juned (39) warga Jalan T Imam Bonjol, Kel. Satria, Kec. Binjai Kota ini dikenal sadis.

Pasalnya ia tak segan-segan mengancam korbannya dengan sebilah pisau. Setelah sekian lama diburon, pelaku yang sudah 5 kali melakukan aksi perampokan di dalam toko tersebut, akhirnya berhasil diciduk petugas dari kawasan Jalan Binjai Namutrasi, Kel. Kwala Mencirim, Kec. Binjai Selatan, Selasa (21/01) sekira pukul 17.00 Wib.

Sepak terjang pelaku di dunia kejahatan memang sudah sangat meresahkan. Tak tanggung-tanggung, dia dilaporkan sudah 5 kali melakukan aksi tindak pidana  pencurian dengan kekerasan sebagaimana yg dimaksud dalam pasal 365  KUHPidana.

Sesuai - LP / 773 / XII / 2018 tgl 27 Desember 2019. - LP / 545 / IX / 2018 tgl 11 September 2018,
-LP / 75 / XI / 2018 tgl 12 November 2018 pelapor an. SURATMAN
-LP / 415 / VII / 2018.

Menurut salah seorang korbannya, Sinta Sinulingga (29) yang merupakan pemilik toko sepatu menjelaskan dirinya harus menderita kerugian jutaan rupiah akibat dirampok oleh pelaku.

Dijelaskannya, pada saat itu karyawan di toko sepatunya mengaku didatangi oleh pelaku yang memaksa meminta uang. Singkat cerita, pelaku pun tak sabaran dan langsung menodongkan sebilah pisau ke arah karyawan toko sambil mengancam.

"Dia datang terus ngambil uang dari dalam laci kasir dan langsung pergi meninggalkan toko," kata korban.

Kasat Reskrim Polres Binjai AKP Wirhan Arif SH, SIK saat dikonfirmasi mengatakan begitu mendapat informasi dari masyarakat yang dapat dipercaya terkait keberadaan pelaku, dirinya langsung memerintahkan Kanit Pidum, IPDA Hotdiatur Purba beserta anggota untuk langsung meluncur ke kawasan Jalan Tanah Seribu, Kec. Binjai Selatan.

Hasilnya, petugas berhasil menangkap pelaku. Namun pas saat sedang mengumpulkan barang bukti, pelaku justru memanfaatkan situasi tersebut untuk melarikan diri. Sehingga petugas terpaksa melakukan tembakan peringatan tetapi tidak diindahkan. Kemudian petugas melakukan tindakan tegas dan terukur hingga mengenai kaki sebelah kiri dan sebelah kanan pelaku.

"Selanjutnya tersangka dibawa ke RSU dr Djoelham Binjai dan sebelum akhirnya digelandang ke Polres Binjai guna kepentingan penyidikan lebih lanjut," katanya.

Sekedar informasi berikut daftar kejahatan yang pernah dilakukan pelaku.
1. Melakukan TP Pencurian dengan kekerasan pada hari Rabu tanggal 26 Desember 2019 di Jl. Jend. Sudirman kel. Pekan Binjai kec. Binjai Kota
Total kerugian korban sebanyak Rp. 3.545.000 (tiga juta lima ratus empat puluh lima ribu rupiah)

2. Melakukan TP. Pencurian dengan kekerasan pada hari Selasa tanggal 13 September 2018 di depan BSM di Jl. S. Hatta Kel. Tanah tinggi Kec. Binjai Timur

3. Melakukan TP. Pecurian dengan kekerasan di Jl. Jend. Sudirman kel. Pekan Binjai kec. Binjai Kota
Total Kerugian Korban Sebanyak Rp. 4.000.000 (empat juta rupiah)

4. melakukan TP. Pencurian dengan kekerasan pada hari Senin tgl 12 November 2018 pelapor an. SURATMAN

5. melakukan TP. Pencurian dengan kekerasan pada hari Rabu tgl 25 Juli 2018 sekira pukul 20.00 Wib  di Jl.  Agus Salim Kel. Jati Negara Kec.  Binjai Utara.


Dari lokasi terpisah, petugas Sat Reskrim Polres Binjai juga berhasil meringkus pelaku lainnya yang sudah menjadi buronan dari kawasan Jalan Binjai Namutrasi, Kel. Kwala Mencirim, Kec. Binjai Selatan, Selasa (21/1) sore.

Adalah, Kasta Maulana Sitepu alias Lana (25) warga Jalan Samanhudi, Kel. Tanah Merah, Kec. Binjai Selatan pelaku penikaman hingga membuat Indra (32) warga Jalan Medan Binjai, Kec. Sunggal yang kini masih harus menjalani perawatan di rumah sakit karena menderita luka tusukan tepat di jantungnya.

Pelaku ditangkap berdasarkan -LP / 703  / XI / 2019 tgl 19 November 2019. Peristiwa itu sendiri terjadi di Jalan Ir. H. Juanda,  Kel. Timbang Langkat, Kec. Binjai Timur.

Kasubag Humas Polres Binjai, AKP Siswanto saat dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan tersebut. Dijelaskannya saat mengetahui keberadaan pelaku, petugas pun langsung bergerak dan berhasil menangkap pelaku.

Namun, pada saat pelaku dibawa menunjukkan TKP dan mengumpulkan barang bukti, pelaku justru melakukan perlawanan. Dan mencoba melarikan diri sehingga petugas terpaksa melakukan tembakan peringatan, akan etapi tidak diindahkan.

Hingga akhirnya petugas melakukan tindakan tegas dan terukur dan tepat mengenai kaki sebelah kiri pelaku.

"Selanjutnya tersangka dibawa ke RSU dr. Djoelham Binjai, baru kemudian digelandang ke Polres Binjai guna kepentingan penyidikan lebih lanjut," tegas Siswanto.(red)