Iklan

Loading...

DPRD Soroti BM PT FIF Cab Binjai Yang Berlakukan Penambahan Jam Kerja Tanpa Intensif Lembur

Wednesday, January 15, 2020, 4:38:00 PM WIB Last Updated 2020-01-15T09:38:40Z
Loading...
Loading...




Binjai-Metrolangkat.com


Branch Manager (BM) PT FIF Grup Cabang Binjai, Duke Da Silva Mailala, yang baru menjabat di tahun 2020, diduga melakukan pelanggaran atas jam kerja terhadap karyawan.

Dari hasil keterangan diperoleh, semenjak adanya pergantian Menager PT FIF Grup Cabang Binjai yang berada di Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota, mulai tanggal 1 Januari 2020, pemberlakuan jam kerja mengalami perubahan dan penambahan waktu kerja sebanyak 5 jam.

Informasi yang berhasil dirangkum awak media, karyawan dan Outsourching PT FIF Binjai yang mencapai 50 orang lebih, sekarang Jam masuk kerja (Senin-Jumat) mulai Pukul 08:00 Wib dan pulang pukul 21:00 Wib.

Sedangkan untuk hari Sabtu, yang biasanya masuk pukul 08:00 Wib dan pulang Pukul 13:30 Wib, kini semenjak tahun 2020, Jam Pulang khusus hari Sabtu hingga Pukul 17:30 Wib.

Artinya, dihari kerja Senin-Jumat ada penambahan jam kerja selama 5 Jam, dan Hari Sabtu 3 jam. Adanya penambahan sistem waktu jam kerja tersebut membuat para pekerja dan Collector di PT FIF Cabang Binjai terkesan seperti bekerja di zaman belanda. Pasalnya, lebih waktu kerja tidak dihitung lembur.

"Kami namanya pekerja bang, cari makan untuk keluarga. Kami disuruh sampai malam kerja. Mau gimana lagi, ya kerja lah. Yang diketahui anak istri di rumah biasanya kami sore hari sudah pulang kerja. Sekarang semenjak tahun 2020, pulang malam terus," keluh seorang karyawan di PT FIF Cabang Binjai yang enggan disebutkan namanya saat dikonformasi wartawan Senin (13/1) ketika berada di depan kantornya.

Menindaklanjuti hal ini, BM PT FiF Binjai, Duke Da Silva Mailala, yang dicoba untuk dikonfirmasi terkait penambahan jam kerja tanpa upah lembur tersebut terkesan menutup diri. Pasalnya, seorang Satpam mengatakan pimpinan belum bisa ditemui.

"Pimpinan masih metting bang, belum bisa ditemui," ucap salah seorang Security di PT FiF Cabang Binjai.

Sementara itu, Ketua DPRD Binjai H Noor Sri Syah Alam Putra SE, yang mendengar perihal yang dialami masyarakat Binjai terkait jam kerja tambahan tanpa upah intensif lembur tersebut diberlakukan semenjak tahun 2020, serta semenjak pergantian Manager tersebut mengakui bahwa pihaknya akan menyurati PT FIF Binjai dan akan melakukan RDP dengan Dinas yang terkait.

"Sudah ada laporan dan keluhan secara lisan yang saya terima. Untuk tindak lanjutnya nanti kita akan surati pihak perusahan dan memanggil Dinas terkait untuk dilakukan Rapat Dengar Pendapat agar kita ketahui persoalan sebenarnya," ungkap ketua DPRD Binjai yang akrab disapa H Kirres. (red)
Komentar

Tampilkan

Terkini

Nasional

+
close
Loading...