Iklan

Senin, 20 Januari 2020, 19.35.00 WIB
Last Updated 2020-01-20T12:35:49Z
Berita Hari Ini

Faktor Dan Dampak Terjadinya Tindak Kriminal

Berita Viral


Penulis

Langkat-Metrolangkat.com


Penulis : Hendy Prana,M.Si


Mantan Bendahara Umum Badko Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatera Utara




Tindak kriminal merupakan suatu tindakan seseorang yang dilakukan terhadap orang lain secara paksa yang bersifat spontanitas (langsung) yang menimbulkan kerugian bagi korban maupun orang sekitarnya.

Dampak kerugian yang paling utama bagi orang sekitar atau tempat terjadinya suatu tindakan kriminal adalah timbulnya ketidaknyamanan dan keresahan. Tindak kriminal juga dapat terjadi atas dasar adanya beberapa alasan yang memperkuat motif serta minat bagi pelakunya.

Beberapa alasan yang mendasar bagi pelaku tindak kriminal selain faktor rendahnya tingkat moral dan perekonomian adalah adanya Kesempatan.

Kesempatan yang timbul bukan hanya karena merupakan suatu momen yang datang secara spontan dengan tanpa alasan yang logis. Tetapi kesempatan tersebut hakikatnya hadir atas dasar kelalaian dan ketidak-waspadaan.

Kedua penyebab tersebut bisa bersumber dari (1) Korban tindak kriminal yang dapat dinilai kurang mawas diri, dan (2) Pihak Keamanan Negara di suatu wilayah atau daerah.

Pertama, Korban tindak kriminal yang dinilai kurang mawas diri dapat di indikasi bahwa hal tersebut bisa terjadi karena mungkin terkait dengan aktivitasnya yang tidak terlalu terfokus terhadap tindakan kriminal yang bisa saja menimpa dirinya.

Alasan yang menguatkannya adalah berdiri dengan kokohnya lembaga keamanan negara seperti Kepolisian Negara dan TNI yang dipandang sudah profesional dan bertanggung jawab atas terwujudnya lingkungan masyarakat yang aman dan tenteram.

Sedangkan faktor yang kedua adalah pihak keamanan negara di suatu wilayah atau daerah. Mengapa?

Satu hal yang dapat kita simpulkan terkait terjadinya suatu tindak kriminal adalah bahwa gagalnya pihak keamanan negara dalam menjaga dan meningkatkan keamanan dilingkungan masyarakat sekitarnya. Sehingga dampak dari kegagalan tersebut adalah belum terciptanya lingkungan masyarakat yang aman dan tenteram.

Bukti konkrit dari dampak lingkungan masyarakat yang belum aman dan tenteram adalah telah terjadinya tindak kriminal berupa penjambretan yang mengakibatkan 2 wanita pengendara sepeda motor mengalami kerugian secara materi serta timbulnya kondisi psikologis atas rasa tidak aman dan mengganggu ketenteraman masyarakat sekitarnya.

Musibah tersebut terjadi di jalan lintas sumatera-Aceh, kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara. Terjadi sekitar pukul 19.10 Wib pada Jumat, 17 Januari 2020 yang bertepatan pada Hari Jadi Langkat yang ke-270 tahun.

Tentu dengan kejadian tindak kriminal tersebut menimbulkan keresahan bagi semua pihak, terutama bagi diri korban. Maka dari itu penulis berharap untuk yang akan datang semoga Pemerintah Kabupaten Langkat terkhusus Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan atau FORKOPIMCAM dapat mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, aman dan tenteram yang di Ridhoi Allah SWT.