Iklan

Selasa, 28 Januari 2020, 16.53.00 WIB
Last Updated 2020-01-28T09:54:46Z
Berita Hari Ini

Pabrik Arang Batu Melenggang Buat Nek Saniah Sesak Napas

Berita Viral
Nek Saniah yang merasakan sesak napas akibat polusi udara pabrik arang. 


Hinai,metrolangkat.com

Pencemaran udara akibat aktifitas produksi Pabrik Arang CV.Global Briket Mandiri yang berlokasi di Dusun VIII Padang Kedondong Desa Batu Melenggang Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat membuat warga sekitar resah.

Pasalnya,asap dan debu yang ditimbulkan dari pabrik arang tersebut mencemari udara di sekitar rumah rumah warga yang berdekatan dengan lokasi pabrik.

Norma(51) adalah salah satu warga sekitar mengatakan kepada awak media metrolangkat.com,semenjak hampir setahun beroperasinya pabrik arang tersebut menyebabkan pernafasannya dan keluarga terganggu, bahkan kerap meninggalkan debu di lantai maupun perkakas yang ada di rumahnya.Selasa(28/01/2020).

Setiap hari aktifitasnya sering terganggu,bahkan  pintu dan jendela rumah selalu saya tutup,guna menghindari asap dan debu yang sering masuk ke dalam rumah,ketusnya.
Pabrik arang yang dikeluhkan masyarakat

Norma menambahkan,protes dan keluhan dari warga sekitar telah di sampaikan kepada pihak kecamatan hinai bulan Agustus tahun 2019 kemarin,namun sampai sekarang pihak kecamatan juga belum merealisasikan upaya penanggulangan pencemaran udara dari pabrik arang tersebut.

Semoga pihak Dinas Lingkungan Hidup(LH) Langkat maupun dinas terkait lainnya segera menyikapi keluhan kami,karena yang paling terdampak dari pencemaran udara tersebut adalah kami warga sekitar,harapnya.

Di tempat yang sama,nenek sania(73) menyampaikan, bahwa dirinya mengalami penyakit batuk batuk yang lebih parah akibat polusi udara dari pabrik yang langsung bersebelahan dengan rumahnya.

Nenek Saniah juga menambahkan,Sebelumnya saya menderita penyakit batuk batuk biasa karena faktor usia,namun semenjak beroperasinya pabrik arang itu membuat penyakit saya bertambah parah.

Harapannya kedepan,agar pihak pengusaha pabrik arang,kecamatan,dinas LH beserta pihak terkait lainnya mau mendengarkan keluhan kami dan segera melakukan tindakan agar polusi udara tersebut tidak mengganggu aktifitas dan kesehatan warga sekitar,harap nenek renta ini.

Terpisah,Wandi pengawas pabrik arang saat dikonfirmasi wartawan mengatakan,akan secepatnya menindak lanjuti keluhan warga sekitar tersebut,dengan mengupayakan pencegahan agar debu dan asap dari aktifitas pabrik tidak sampai ke rumah rumah warga.(dik)