Iklan

Rabu, 29 Januari 2020, 18.23.00 WIB
Last Updated 2020-01-29T11:24:47Z
Berita Hari Ini

Ups'! Pemilihan Sekdes Paya Rengas Curang.....?

Berita Viral
Warga mendatangi kantor desa pertanyakan kecurangan. 


Hinai,metrolangkat.com

Puluhan warga Desa Paya Rengas, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, mendatangi kantor desa setempat untuk mempertanyakan proses seleksi sekretaris desa yang dianggap curang, Selasa (28/01/2020).

Kecurangan tersebut, diketahui warga saat penetapan sekretaris desa pada Sabtu (25/01/2020), dimana penetapan sekdes tersebut tanpa dasar yang jelas.

"Dasar Pak Kades menetapkan sekdes itu apa? Hasil ujian mereka mana? Jadi untuk apa diadakan ujian seleksi kalau tidak ada hasilnya, hanya sekedar formalitas saja, emangnya mengatur desa ini bisa suka-suka hati Pak Kades?" cecar warga dengan nada kesal.

Warga yang kecewa dengan proses seleksi tersebut, mendesak kepala desa untuk memperlihatkan hasil seleksi para calon sekdes agar dibuka di depan umum.

Sayangnya, permintaan warga tadi, tak mampu ditunjukkan kepala desa, hingga warga menuntut dilakukan pembatalan terhadap penetapan calon dan melakukan seleksi ulang.

"Kalau Pak Kades tak bisa menunjukan hasil seleksi itu, kami minta penetapan sekdes dibatalkan dan lakukan seleksi ulang," pinta warga.

Atas permintaan warga tadi, Kepala Desa Paya Rengas Sartiman, hanya meminta maaf dan tidak memberikan penjelasan sedikit pun di depan warga.

Tak ingin suasana kian riuh, Plt Sekdes Paya Rengas Zainuddin, berjanji kepada warga untuk menyelesaikan persoalan ini  pada Kamis (30/01/2020), bersama dengan pihak kecamatan.

"Jadi, pada Kamis nanti pihak kecamatan akan turun, semoga persoalan ini bisa clear," ujarnya sembari mengajak warga untuk hadir nantinya.

Seperti diketahui, penetapan Sekdes Paya Rengas dilakukan sesuai rekomendasi yang dikeluarkan pihak Kecamatan Hinai Nomor: 140-61/Tapem/2020 tertanggal 23 Januari 2020.(dik)