Iklan

Rabu, 05 Februari 2020, 07.30.00 WIB
Last Updated 2020-02-05T00:30:22Z
Hukum dan kriminal

APBdes Diselewengkan, BPD Lalang Laporkan Kades Ke Jaksa

Berita Viral
Desa Lalang Tanjungpura


Langkat, Metrolangkatbinjai.com

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Lalang, Kecamatan Tanjungpura,Kabupaten Langkat, melaporkan oknum Kepala desa (Kades) Lalang Wagino ke Inspektorat Kabupaten Langkat dan Kejaksaan Negeri Langkat.
Dalam laporan BPD Lalang bertanggal 03 Januari 2020 ditanda tangani oleh Ketua BPD Lalang Togar Lubis, SH MH Wakil Ketua Khairul Ramadhan, Sekretaris Juliandi dan anggota Etika Damayanti, M.Azwar, M.Yusuf.
Disebutkan, berdasarkan pemantauan terhadap hasil pekerjaan pelaksanaan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat Tahun Anggaran (TA) 2019,ada 11 item pekerjaan yang menelan total anggaran sebanyak Rp.631.060.610.
Terhadap pekerjaan pembangunan dan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat tersebut, BPD Lalang menduga adanya penyimpangan APBDes Lalang T.A 2019
Diantaranya pekerjaan TPT+Timbun+Cor Beton Gg M Jamil Dusun I senilai Rp.38.466.000 yang dikerjakan pada bulan Juli dan Agustus 2019 dan sampai saat ini terbengkalai dan nilai pekerjaannya masih dibawah 40 persen.
 Warga disekitar gang tersebut pernah mempertanyakan kenapa pekerjaan proyek terhenti kepada Ketua TPK (Tim Pelaksana Kegiatan,red) dan Ketua TPK menjawab bahwa anggarannya habis.
Pembangunan pagar TPU (Tempat Pemakaman Umum,red) senilai Rp.91062.000 Dusun II, dikerjakan pada minggu pertama dan minggu kedua bulan Januari dan sampai saat ini belum selesai
Sebab pagar belum diplaster, pintu gerbang belum dipasang,rumah penjaga kuburan belum dibangun dan sarana air berupa sumur bor belum dikerjakan.
BPD Lalang juga menemukan pekerjaan pembuatan jaringan listrik di Dusun II, IV dan V dengan total jumlah nilai anggaran sebesar Rp.81.975250 tidak mengunakan kabel jaringan listik yang dipasang TPK tidak standard atau terlalu kecil sehingga mengakibatkan kabel di putus PLN, meteran lisrik warga tidak dipasang PLN dan arus listrik dirumah warga kekurangan daya
Disamping itu BPD Lalang juga menemukan adanya pengadaan sarana air bersih di gang Family Dusun I Desa Lalang dengan nilai anggaran Rp.38.437.000 tidak ditemukan dalam RKP (Rencana Kerja Pemerintah Desa,red).
BPD Lalang juga menyatakan Kepala Desa (Kades) Lalang sangat tertutup terhadap segala informasi yang berkaitan dengan pengunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa yang tertuang dalam APBDes Lalang juga Kepala Desa lebih sering tidak hadir saat BPD menyelenggarakan Rapat Musyawarah membahas APBDes.
Dalam bagian penutup surat BPD Lalang Kecamatan Tanjug Pura Kabupaten Langkat, Sumatera Utara tersebut. BPD bermohon kepada Inspektorat Kabupaten Langkat untuk melakukan audit atas penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa lalang T.A 2019.
BPD Lalang juga bermohon kepada Kajari Langkat untuk menindaklanjuti laporan pengaduan penyimpangan APBDes Lalang T.A 2019 dan memeriksa Kepala Desa,Sekretaris Desa (Sekdes), Bendaahara Desa dan TPK Lalang yang diduga secara bersama sama telah melakukan tindak Pidana korupsi APBDes Lalang T.A 2019.
Wakil Ketua BPD Lalang Khairul Ramadhan terkait kebenaran dan keberadaan surat laporan dugaan penyimpangan APBDes Lalang TA 2019, Ia membenarkan BPD Lalang telah membuat laporan tersebut kepada Inspektorat Kabupaten Langkat dan Kajari Langkat. 
Terpisah Kepala Desa Lalang Wagino saat berusaha dikonfirmasi wartawan sebanyak tiga kali melalui nomor telepon selulernya, tidak dapat dihubungi hanya terdengar "nomor yang anda tuju sedang tidak dapat menerima panggilan" suara operator provider selulernya, Selasa malam.(red)