Iklan

Jumat, 21 Februari 2020, 18.01.00 WIB
Last Updated 2020-02-21T11:06:41Z
Metro Binjai

Lisa Jadi Narasumber Jambore Literasi

Berita Viral


Binjai-Metrolangkat.com

Hj. Lisa Andriani Lubis, Ketua TP-PKK Kota Binjai  menghadiri Jambore Literasi yang diselenggarakan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMPN Se-Kota Binjai, Jumat (21/2) di SMPN 1 Binjai, Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Satria, Binjai Kota.

Jambore Literasi yang diselenggarakan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Binjai itu sesuai jadwal akan berlangsung selama tiga hari dan diisi dengan berbagai kegiatan seperti workshop penulisan film, cerita pendek, jurnalistik dan juga kompetisi anmestar siswa se Kota Binjai.

Di acara jambore literasi tersebut, Lisa Andriani Lubis berkesempatan diminta menjadi Narasumber pada gelaran Talk show yang diselenggarakan panitia pelaksana.

Dalam talk show itu, Lisa menyampaikan Peran serta tenaga pendidik, dan orang tua dalam memberikan ruang untuk anak-anak agar bisa berkolaborasi dan membangun jiwa berkompetisi serta kreatifitasnya.

Talk show yang dipandu seorang moderator itu, Lisa menyampaikan, semangat gerakan Literasi adalah wujud dari Merdeka Belajar , jadi kegiatan ini sangat baik kita lakukan bersama.

“Semua guru adalah orang tua, semua orang tua adalah guru, saat ini mari kita gerakkan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan, kita buat anak-anak menjadi suka belajar karena mereka kedepan berhak untuk menjadi apa saja, jadi jangan lagi kita bebani dengan keinginannya kita," ujar Bunda Literasi Kota Binjai tersebut.

Dikatakan Lisa kembali, untuk menumbuh kembangkan gerakan Literasi di Kota Binjai, sudah ada beberapa titik-titik ruang menumbuhkan minat  membaca bagi anak-anak dibangun.

"Di Tanah Lapang Merdeka tepatnya ada di Taman Bermain anak sudah tersedia ruang baca dan ada beberapa wilayah lainnya di Kota Binjai," ujar Lisa seraya menambahkan disela-sela kegiatan car free day juga ada gerakan literasi yang diadakan salah satu komunitas gerakan membaca kota ini.

"Jadi selain bisa berolahraga, warga dan anak-anak bisa juga mengisi aktifitas membaca yang digerakkan Komunitas KBKC," ungkapnya seraya mengungkapkan gerakan literasi yang menjadi program TP-PKK untuk meningkatkan kualitas pengetahuan individu anak-anak agar kelak dapat menjadi orang yang sukses kedepannya.

Disamping itu, gerakan literasi ini juga berperan untuk menghindari anak-anak dari kemajuan penggunaan teknologi terkhusus penggunaan android, yang saat ini lebih banyak membawa anak lebih cenderung mengidolakan bermain game dari pada membaca buku, ujar Lisa.

Sebelumnya, Kadis Pendidikan Kota Binjai Sri Ulina Ginting secara resmi membuka Jambore Literasi SMP Se-Kota Binjai.

Jambore literasi tingkat SMP Se Kota Binjai ini diikuti sebanyak 150 peserta dari 15 Sekolah Menengah Pertama uang ada di Kota Binjai.

Menanggapi kehadiran Hj. Lisa Andriani Lubis di Jambore Literasi tingkat SMP ini, Syamsul Agus, Pembina Komunitas KBKC Binjai, mengatakan, dinobatkannya Hj. Lisa Andriani Lubis sebagai Bunda Literasi disebutnya sangat tepat.

"Tepat kalau ibu Lisa disebut sebagai Bunda Literasi, karena beliau itu memperlihatkan keseriusannya untuk membangun karakter dan kualitas anak di Kota Binjai ini," ungkap Syamsul Agus seraya menambahkan jadi tidak salah seorang Hj. Lisa Andriani Lubis didukung menjadi Walikota Binjai periode 2021-2025, karena memiliki kepedulian untuk membentuk keluarga berkualitas bagi warga Binjai.(Ars).