Iklan

Rabu, 12 Februari 2020, 17.28.00 WIB
Last Updated 2020-02-12T10:28:40Z
Metro Binjai

TP-PKK, Kadin Sumut Dan SMPN 5 Buat Gerakan Pemulihan Lingkungan

Berita Viral
Ketua TP PKK Kota Binjai Hj Lisa Idahan

Binjai-Metrolangkat.com

Tim Penggerak PKK Kota Binjai bekerjasama dengan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sumatera Utara beserta SMP Negeri 5 Binjai membuat program gerakan pemulihan lingkungan hidup, Rabu (12/2) pagi tadi di Halaman SMPN 5 Binjai, Kelurahan Limau Sundai, Binjai Barat.

Kerjasama Gerakan pemulihan lingkungan hidup yang diterapkan TP-PKK itu diantaranya pengembangan tentang eco-enzyme dan brecket.

Pada kesempatan itu Ketua TP PKK Binjai Hj. Lisa Idaham, mengatakan, masyarakat harus meninggalkan cara lama sampah masih sebatas dikumpulkan atau diangkut dan dibuang ke TPA.

"Pola lama itu harus ditinggalkan. Kini pola baru sudah ada, yakni sampah dapat diolah atau dikembangkan menjadi yang lebih bermanfaat atau tepat guna seperti sampah menjadi eco-enzyme da brecket," sebut Lisa seraya menyebutkan sekiranya program ini dapat dikembangkan masyarakat Kota Binjai.

Dikatakannya lagi, TP PKK Kota Binjai menyambut baik adanya  pelatihan membuat eco-enzim dan briket.

Sambung Istri Walikota Binjai ini lagi, pembuatan eco-enzyme dan brecket sangatlah ramah lingkungan terlebih sangat tepat guna fungsionalnya dengan bahan sampah rumah tangga.

"Sampah rumah tangga dikelola menjadi kompos, bahan baku industri dan bahan energi tentunya mempunyai nilai ekonomis bagi masyarakat sendiri," sebutnya seraya menambahkan tentunya itu menjadikan kualitas lingkungan menjadi sehat.

Pada kesempatan itu, Lisa juga berharap kegiatan pelatihan pengelolaan sampah rumah tangga ini tidak menjadi seremonial belaka.

"Saya harap ini tidak seremonial semata, dan kegiatan ini menjadi tanggungjawab bersama kita kedepannya untuk menciptakan lingkungan yang ramah dan sehat," tegas Bunda Paud Kota Binjai ini.(Ars).