Iklan

Selasa, 17 Maret 2020, 20.11.00 WIB
Last Updated 2020-03-17T13:11:56Z
Berita Hari Ini

16,55 % Warga Langkat Belum Menjadi Peserta BPJS.

Berita Viral
Pimpinan DP

Langkat,metrolangkat.com

Kepala Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Medan, dr. Sari Quratulainy, AAK dan Kepala Cabang BPJS Langkat, Rosmayanti Nasution sambangi kantor DPRD Kabupaten Langkat.

Kedua wanita top manajemen di BPJS ini diterima Ketua DPRD Langkat Surialam, SE di ruang kerjanya, Senin (16/3).

Sari Quratulainy yang baru beberapa bulan bertugas sebagai Kepala Cabang BPJS Medan mengatakan,“Kedatangan kami untuk bersilaturahmi dan mengenalkan program BPJS".

Dalam keterangannya, jumlah peserta BPJS di Kabupaten Langkat per 31 Januari 2020 sebanyak 871.737 jiwa atau 83,45 % dari jumlah penduduk 1.044.561. Jadi ada sekitar 16,55 % lagi yang belum menjadi peserta BPJS.

Ia juga menjelaskan bahwa jumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan di Kabupaten Langkat ada sebanyak 56 fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) terdiri dari 30 puskesmas, 20 klinik pratama dan 3 klinik TNI/Polri dan 5 unit rumah sakit untuk fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjut (FKRTL).

Pada pertemuan itu, Sari Quratulainy mengharapkan dukungan Ketua DPRD Langkat untuk mendorong Dinas Sosial Kabupaten Langkat bekerjasama dengan Dinas Dukcatpil untuk pendataan.

Selain itu, Sari Quratulainy menambahkan bahwa pihaknya bersedia diundang untuk mensosialisasikan tentang BPJS kepada masyarakat maupun pada kegiatan rapat-rapat di DPRD Langkat.

Ketua DPRD Langkat pada pertemuan itu, memberi masukan kepada Kepala Cabang BPJS Medan agar kartu BPJS yang dikeluarkan, ada pembeda disetiap kartu itu karena kartu BPJS yang ada saat ini, sama semua warna dan bentuknya.

Juga dalam pendataan peserta BPJS, Ketua DPRD Langkat berharap yang didata itu pendapatan seseorang, jangan hanya dilihat dari besar kecilnya tempat tinggal sehingga yang benar-benar berhak mendapatkan jaminan kesehatan jadi tepat sasaran.(ndro)