Iklan

Senin, 23 Maret 2020, 17.16.00 WIB
Last Updated 2020-03-23T10:16:19Z
Berita Hari Ini

Antisipasi Covid-19 Puskesmas Desa Lama Periksa Warga Dari Rumah Kerumah

Berita Viral

Teluk Haru,Metrolangkat.com

Tim Satgas Cluster Covid 19 Puskesmas Desa Lama, Kecamatan Sei Lepan Kabupaten Langkat memeriksa warga yang baru pulang dari luar negeri dan daerah dengan cara datang ke rumah-rumah, pada Senin (23/3) sekira Jam 10.00 WIB.

Tim satgas melakukan  pemeriksaan berdasarkan adanya laporan dari kepala lingkungan dan tenaga kesehatan di desa-desa.

Atas laporan tersebut tim satgas yang didampingi oleh Kepala Puskesmas Desa Lama Muharommah Tharoreh SKM memeriksa warga yang baru pulang dari berpergian tersebut, beserta keluarga yang kontak langsung dengan mereka.

Tim satgas covid 19 dilengkapi dengan peralatan yang memadai sesuai dengan ketentuan yang ada. Upaya yang dilakukan tim satgas untuk pencegahan penyebaran Virus Covid 19,  yaitu dengan cara memeriksa suhu tubuh dan tensi darah terhadap warga yang baru pulang tersebut beserta yang kontak langsung dengan mereka.

Dalam hal ini ada 3 orang yang diperiksa oleh tim satgas yaitu adalah warga Lingkungan Tanah Rendah.
Setelah diperiksa ke 3 warga tersebut beserta keluarga yang kontak langsung dengan mereka, negatif dari indikasi covid 19.

Kepala Puskesmas Desa Lama Muharommah Tharoreh SKM secara door to door dalam kegiatan pemeriksaan itu, terus memberikan pemahaman dan sosialisasi secara detail terhadap warga.

Kepada wartawan, di rumah warga yang di periksa Muharommah mengatakan bahwa masyarakat harus sadar akan kebersihan dan daya tahan tubuh.

 "Umumnya yang menjadi pembeda mungkin perlu diwaspadai bagi mereka yang baru berpergian dari luar negeri. Karena virus ini bisa terjangkit ketika baru pulang dari daerah terjangkit," tandasnya.

Masih kata Muharommah, dirinya beserta satgas Covid 19 akan terus berupaya untuk melakukan pencegahan terkait penyebaran virus tersebut, dirinya akan terus memasang jaringan dan besinergi dengan tenaga kesehatan dan kepala lingkungan.

Terpisah, Bambang Tri Atmaja warga Jalan Piturah, Kecamatan Sei Lepan mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Kepala Puskesmas atas kesigapan dan keperdulian terhadap warganya.

 "Saya berharap agar tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Langkat ini pro aktif untuk terus melakukan pencegahan terhadap Covid 19," tandasnya. (Zar)