Iklan

Sabtu, 28 Maret 2020, 10.54.00 WIB
Last Updated 2020-03-28T04:08:29Z
Berita Hari Ini

Parah!!! Maklumat Kapolri Ditantang : Sempat Dibubarkan Kades Teluk Secanggang Tetap Gelar Pesta Hingga Larut

Berita Viral
Pesta Kepala Desa Teluk Secanggang yang digelar hingga malam

Secanggang - metrolangkat.com

Ada-ada saja ulah Sutina SPd, Kepala Desa (Kades) Teluk, Kecaamtan Secanggang, Kabupaten Langkat ini, dirinya tetap saja memaksakan diri untuk menggelar resepsi pernikahan anak laki-lakinya di Dusun Pajak, Desa Teluk, Jum'at (27/3/2020) hingga malam hari.

Disaat masyarakat dihantui dengan pandemi COVID-19 yang tengah mewabah, bahkan Kapolri pun sudah mengeluarkan Maklumat untuk tidak mengadakan kegiatan yang menyebabkan berkumpulnya orang banyak, disaat itu pula dirinya menggelar pesta yang.

Tak hanya itu, sehari sebelum resepsi, Kamis (26/3/2/2020), Camat Secanggang Persadanta Sembiring datang ke rumah Sutinah untuk mengimbau dan mengingatkan, agar menunda acara tersebut. Namun, keesokan harinya Sutinah tetap menggelar pesta.

Mendapatkan informasi tersebut, Kapolsek Secanggang IPTU Mahruzar Sebayang beserta Kanit Binmas AIPTU Anthoni Ketaren dan anggota Koramil 08 Secanggang langsung membubarkan resepsi pernikahan anak Kades itu.

Namun sayang, mulai dari Maklumat Kapolri, himbauan Camat Secanggang, hingga pembubaran resepsi pernikahan yang dilakukan Kapolsek Secanggang berserta tim ternyata tak digubris Sutinah. Nyatanya, dia tetap menggelar pesta hingga malam hari, tanpa memperdulikan dampaknya.

Hal tersebut pun membuat masyarakat gerah. Seorang warga Langkat Norman Ginting SE yang mengetahui hal itu pun berang. Waketum DPW Lembaga Pemberantasan Korupsi (LKP) ini akan melaporkan perbuatan Sutinah tersebut ke Kapolres Langkat.

Norman meminta penegak hukum agar memberikan sanksi pidana bagi siapa saja yang melanggar Maklumat Kapolri sesuai dengan peraturan yang berlaku. "Karena sudah melanggar, ya harus diproses lah. Sesuai dengan Maklumat Kapolri itu," pungkas Norman, Sabtu (28/3/2020) pagi.

Selain itu, Togar Lubis SH juga merasa kesal dengan ulah Kades Teluk itu. Warga Tanjung Pura ini mengatakan, perbuatan Sutinah tersebut adalah suatu hal yang memalukan. "Kades itu kan kepala pemerintahab di desa. Dengan diabaikannya instruksi Kapolri, menunjukkan bahwa dirinya tidak taat aturan," kesal Togar Lubis.

Sebelumnya, Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran COVID-19 yang mewabah, Polsek Secanggang membubarkan acara hajatan pernikahan anak Kepala Desa Teluk, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Jum'at (27/3/2020) pagi.

Kepada wartawan, Kapolsek Secanggang IPTU Mahruzar Sebayang mengatakan, pembubaran acara yang mengundang banyak orang itu sesuai dengan Maklumat Kapolri Nomor :  Mak/2/III/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (COVID-19) dan juga himbauan dari Forkopimca Secanggang yang salah satu poin menyebutkan "Menghindari kegiatan ataupun tempat-tempat keramaian".

"Bila salah satu poin dalam maklumat tersebut dilanggar, maka pihak kepolisian boleh melakukan tindakan bagi siapa saja yang melakukan pelanggaran, sesuai dengan peraturan yang berlaku." Beber Kapolsek.

Pasca pembubaran pestanya kemarin Sutinah yang dikonfirmasi wartawan mengatakan sedih pestanya dibubarkan kemarin oleh petugas. " Ya mau cemana lagi, tamu yang datang terpaksalah dikasi bontot. " Akunya.

Kades Teluk saat dikonfirmasi terkait resepsi pernikahan anknya itu tak mengangkat telepon wartawan Sabtu (28/3) pagi . Pesan WhatsApp yang dikirimkan pun belum dibacanya.
Sementara, Kapolsek Secanggang IPTU Mahyuzar Sebayang saat dikonfirmasi mengenai resepsi yang digelar hingha malam tersebut, juga tidak membalas WhatsApp, meskipun pesan tersebut sudah dibacanya.
 (Ahmad)