Iklan

Senin, 09 Maret 2020, 19.12.00 WIB
Last Updated 2020-03-09T12:12:26Z
Berita Hari Ini

Tahun ini, Pemkab Langkat Menerapkan Dukcapil Go Digital

Berita Viral
Abd Karim
Stabat-Metrolangkat.com

Pemerintah Kabupaten Langkat dibawah kepemimpinan Terbit Rencana PA, terus melakukan pembenahan diberbagai bidang pelayanan publik, dengan mengikuti perkembangan teknologi. 

Salah satunya, akan segera memberikan layanan administrasi catatan sipil yang lebih cepat,  mudah dan aman kepada masyarakat, melalui penerapan inovasi Dukcapil Go Digital. 

Sebut Asisten I Pemerintahan Abdul Karim mewakili Bupati, saat memimpin apel gabungan ASN dijajaran Pemkab Langkat, di Halaman Kantor Bupati Langkat, Stabat, Senin (9/3/2020). 


Pelaksanaannya akan dilakukan oleh Disdukcapil Langkat dimulai tahun ini, terang Karim. Inovasi ini, berbaris teknologi digital diantaranya Tanda Tangan Elektronik (TTE) dalam penerbitan Kartu Keluarga (KK), surat keterangan pindah  datang serta Akta kelahiran secara online. 


Hal ini dilakukan,  sambung Karim, sesuai surat edaran Bupati Langkat No: 471-421/Dukcapil/2020 tanggal 24 februari 2020, perihal pemuktahiran KK berbasis pelayanan. 

Tujuannya, agar bagi penduduk yang sudah memiliki KK dengan tanda tangan basah dari Kadis Dukcapil, dirubah dengan TTE. Sekaligus pemuktahiran elemen data yang ada dalam KK.

"Sehingga lengkap, akurat dan terkini, " pungkasnya. 

Selain itu, Karim juga mengingatkan, agar semua pihak mendukung pelaksanaan Sensus Penduduk  tahun 2020 (SP2020). Sesuai surat edaran Bupati Langkat No:472.4-2591/BPS/2020, tanggal 30 Januari 2020. 

Tentang dukungan SP2020 yang bertujuan untuk mewujudkan satu data kependudukan Indonesia, dengan memanfaatkan data registrasi penduduk dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri RI, yang kemudian akan dilengkapi dengan pencacahan lengkap di tahun 2020 dan survei di tahun 2021.

Sembari menyampaikan, agar ASN dan non ASN dijajaran Pemkab Langkat, terus berkreasi dengan mengikuti perkembangan teknologi informasi, untuk meningkatkan kualitas diri. Serta bekerja dengan selalu menjunjung nilai kejujuran, disiplin, cerdas, cermat dan memahami bidang tugasnya dengan baik. (rel/red).