Iklan

Kamis, 16 April 2020, 20.06.00 WIB
Last Updated 2020-04-16T13:06:53Z
Advetorial

Bupati Langkat : Satgas Gugus Ayo Terus Bergerak

Berita Viral

Bupati Langkat Terbit Rencana PA didampingi Sekdakab dr Indra Salahuddin

Langkat-Metrolangkat.com

“Jangan mengelu apalagi berhenti, ayo terus bergerak lakukan upaya pencegahan sesuai bidang tugas masing – masing dari Satgas Gugus. Bersama kita bisa dan mampu memutuskan rantai pandemi virus corona di negeri bertuah,”pungkas Bupati Langkat Terbit Rencana PA selaku ketua Satgas Covid 19 Langkat, di Stabat.

 23 Hari Trabas 277 Desa/Kelurahan Se Langkat


Sesuai arahan protokol Covid 19 dan intruksi ketua Satgas Covid 19 Langkat Terbit Rencana PA selaku Bupati Langkat.

Tim Satgas Bidang Humas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Langkat terus siaran keliling dan sosialisasi pencegahan virus corona kepada warga.

Bersama TNI/Polri dan Diskominfo Langkat, terabas 240 Desa dan 37 Kelurahan dari 23 Kecamatan di Langkat, selama 23 hari mulai  23 April sampai 11 Mei 2020.


Siaran keliling, dipimpinKasubbag Humas Polres Langkat AKP Rohmat, Kapten Inf Dwi S dan Kadis Kominfo H.Syahmadi didampingi Kabid IKP Diskominfo M.Faisal bersama anggota Satgas Humas lainnya. Mengendarai 3 unit mobil, terdiri dari 1 unit mobil Sat Bimas Polres Langkat,  1 unit mobil Diskominfo dan 1 unit mobil Dandim 0203/Langkat.

Tim Satgas Humas bersiaran 1 hari untuk 1 kecamatan, dibantu unsur Forkopimcam  serta tim relawan penanggulangan virus Covid 19 setempat. Saat ini sudah berjalan 4 hari memberikan himbauan 4 Kecamatan.  Yaitu Kecamatan Bahorok, Kutambaru, Salapian dan Kecamatan Sirapit.

“Jadi dengan waktu 23 hari, himbauan  diberikan kepada warga sampai pelosok Desa dan Kelurahan. Sehingga materi himbauan diterima  semua masyarakat Langkat,”sebut AKP Rohmat.

Adapun tujuan dan sasaran utamanya, yakni  di warung – warung, Pekan, Kafe - kafe dan tempat keramaian atau ditempat berkumpulnya masyarakat dengan jumlah banyak,” AKP Rohmat kembali menambahkan.



Selain memberikan himbauan, Tim Satgas Humas juga mendatangi kerumunan warga untuk memberikan pembinaan sekaligus memberikan brosur pencegahan. Selain itu juga melekatkan maklumat Kapolri di warung dan tempat yang banyak dikunjungi warga lainnya, di 277 Desa Kelurahan yang ada di Kabupaten Langkat.

“Maklumat Kapolri dilekatkan di warung agar bisa dilihat banyak orang. Sedangkan brosurnya kita bagikan ke warga yang sedang berkumpul,”kata Kapten Dwi.

Harapannya, sebut Kapten Dwi, agar masyarakat dapat mematuhi himbauan pemerintah dengan baik, sebab tujuannya untuk kebaikan bersama. Semoga dengan begitu masyarakat Langkat tidak ada terinfeksi virus corona, selalu sehat dan bisa berkumpul dengan keluarga.

“Mari kita sayangi diri kita, keluarga dan ziran tetangga dengan mematuhi himbauan pemerintah,”imbuhnya.


Sementara, Kadis Kominfo didampingi Kabid IKP Faisal, menjelaskan, himbauan yang disampaikan melalui pengeras suara terkait tindakan pencegahan dan pemutusan rantai pandemi virus corona. Yakni, jangan keluar rumah jika tidak ada urusan penting, sebisa mungkin menghindari keramaian, selalu mencuci tangan, mengunakan masker dan jaga jarak  saat keluar rumah.

“Intinya isi himbauan ini, mengajak masyarakat untuk mengikutin petunjuk protokol kesehatan dari pemerintah,”cetusnya.

Sembari mengucapkan terimakasih atas bantuan unsur Forkopimcam, tim relawan dan semua pihak yang ikut membantu. Pada siaran tim Satgas Humas juga memberikan Spanduk, Baliho dan Brosur kepada Camat yang kemudian akan diserahkan kepada Kades dan Lurah.



Sosialisasi Pendataan Warga Miskin

Satgas Gugus PercepatanPencegahan Covid 19 Kabupaten Langkat memberikan sosialisasi kepada Kades dan Lurah se Kabupaten Langkat, terkait pengunaan DD dan ADD serta pendataan warga miskin penerima dampak virus corona.

Saat ini sudah berjalan 3 hari, dikecamatan Pangkalan Susu, Besitang, Babalan, Sei Lepan, Berandan Barat, Gebang dan Kecamatan Hinai. Sosialiasi akan terus dilanjutkan sampai di 23 Kecamatan se Langkat.

Pada sosialisasi, Wakil Bupati Langkat Syah Afandin mewakili Bupati Langkat, menyampaikan, bantuan dampak Covid 19 diberikan untuk membantu warga miskin yang ekonominya melemah akibat covid 19. Hal ini berdasarkan intruksi Mendagri RI No 1 tahun 2020 tertanggal 2 April 2020, tentang pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan covid 19  dilingkungan Pemda.

Serta berdasarkan surat Gubsu selaku ketua Gugus tugas percepatan  penanganan Covid 19 No:13/GTCOVID-19/IV/2020 tanggal 2 April 2020 perihal  data masyarakat miskin terdampak Covid 19 .

“Jadi bantuan ini disalurkan, bentuk perhatian dari pemerintah akibat  semakin luasnya  wabah pandemi virus corona di Sumut, yang berdampak memperlambat perekonomian khususnya bagi keluarga ekonomi bawah,”ungkapnya.

Kapolres Langkat AKBP Edi Suranta Sinulingga SIK, meyampaikan, UU No 13 tahun 2011 Pasal  42 menyatakan, setiap orang yang memalsukan data verifikasi dan validasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 ayat (3), dipidana dengan pidana penjara paling lama 2  tahun atau denda paling banyak Rp50.000.000.

Untuk itu, Kapolres  mengintruksikan, agar Kades dan Lurah bersama tim, benar – benar melakukan pendataan warga miskin dampak virus corona dengan baik dan tepat sasaran.
“Ingat, verifikasi dan validasi kelayakan  data dari Desa dan Kelurahan serta Kecamatan, akan menjadi prioritas pengusulan warga penerima bantuan ini,”ungkapnya.

Kapolres juga mengiatkan, agar Kades berhati – hati dalam menggunakan DD maupun ADD, dalam penanganan wabah corona. Ia menekankan untuk  senantiasa jujur, mengikuti aturan dan tepat sasaran agar tidak terkena dosa berlapis, yakni hukum pidana dan agama.
“Jangan memanfaatkan kondisi ini sebagai celah untuk meraup keuntungan pribadi,” tegasnya.

Sementara, Kadis Kominfo, menerangkan, petugas yang mendata harus  memperhatikan  kriteria  yang telah ditentukan. Lalu  penetapan data masyarakat penerima bantuan yang bersumber dari Desa dan Kelurahan,  harus ditetapkan melalui musyawarah Desa dan Kelurahan dengan melibatkan Kades dan Lurah, BPD, Babinsa, Babinkamtibmas, tokoh agama, tokoh masyarakat, Kadus dan Kepling, unsur elemen masyarakat lainnya yang diperlukan.

“Serta melampirkan berita acara  musyawarah tersebut, baru kemudian  disampaikan ke Pemerintah Kecamatan, selanjutnya  kepada tim Gugus Tugas  Covid-19 Langkat,”sebutnya

Selanjutnya, Kadis Sosial Rina Wahyuni Marpaung, menjelaskan, rencananya Pemkab Langkat akan mengusulkan 80 ribu kepala keluarga penerima bantuan ini

Sebelumnya Pemkab  Langkat telah mengeluarkan surat ederan Sekdakab Langkat No: 460-667/DINSOS/IV/2020 dan kemudian Surat Ederan Bupati Langkat No 460-70/DINSOS/IV/2020 tertanggal 13 April 2020, untuk melakukan pendataan warga miskin penerima  bantuan dampak Covid-19.
“Paling lama harus diserahkan tanggal 20 April 2020, formatnya mengupulkan nomer KK, NIK KTP dan pekerjaannya”sebutnya.

Adapun yang dijadikan rujukan melakukan pendataan, adalah kelompok  masyarakat miskin yang berasal dari keluarga miskin bukan penerima bantuan PKH atau lainnya. Serta masyarakat rentan miskin terdampak covid 19 sehingga hilangnya sumber mata pencarian.

“Jadi pendataanya mempedomani  UU No 13 tahun 2011 tentang pakir miskin yakni orang yang sama sekali tidak mempunyai sumber mata pencarian atau mempunyai sumber mata pencarian tetapi tidak mempunyai kemampuan memenuhi kebutuhan dasar yang layak bagi kehidupan  diri dan keluarga,”paparnya.

Kriteria penerima, sambung Rina, yakni pelaku usaha ekonomi non formal, misalnya penjual kue, jajanan sekolah, penjual makanan ditempat hiburan. Penjajak makanan keliling dan asongan dipinggir jalan. Buruh pabrik yang dirumahkan (PHK)   bukan merupakan buruh tani , termasuk TKI yang dipulangkan dari luar negri. 

Supir angkutan umum, tukang becak maupun angkutan online. Guru madrasah, guru ngaji, guru honorer non sertifikasi, tukang parkir, mubaligh dan pendeta, penggali kubur,  pemandu wisata dan petugas parkir  dikawasan wisata.

“Pekerja non formal lainnya yang terdampak sosial ekonomi Covid-19,”sebutnya. Pada sosialisasi ini, Tim Satgas membagikan baliho serta spanduk himbaun dan pencegahan  kepada Camat, Kades dan Lurah.(rel/red)
.