Iklan

Jumat, 01 Mei 2020, 18.38.00 WIB
Last Updated 2020-05-01T11:38:50Z
Berita Hari Ini

Hasil Rapid Test ODP Warga Asal Kuala Positif

Berita Viral

Langkat-Meteolangkat.com

Orang Dalam Pantauan (ODP) asal Kelurahan Balai Kasih, Kecmatan Kuala, Kabupaten Langkat berinisial Su (43) terpaksa dirujuk ke RS Martha Friska Medan, setelah berobat dan menjalani hasil Rapid Test di RS Artha Medica Binjai dinyatakan positif, Kamis (30/4) sekira jam 23.00 WIB.

Hal itu disampaikan Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Langkat dr M Arifin Sinaga MAP via telepon selulernya. "Hasil Rapid Testnya memang immunoglobulin F nya positif, tapi bukan berarti yang bersangkutan positif mengidap Covid-19.

Untuk memastikannya, kita tunggu hasil Swab Test dari RS Martha Friska Medan," bebernya, Jum'at (1/5) sekira jam 17.00 WIB.

Tak hanya itu, dr M Arifin Sinaga menambahkan, untuk lebih memastikan pasien terjangkit Covid-19 atau tidak, maka diperlukan pemeriksaan dengan metode Swab Test atau Polymerase Chain Reaction (PCR) yang diklaim lebih akurat untuk menentukan Covid-19 tersebut.

Rapid Test bekerja dengan cara yang berbeda. Virus corona tidak hidup di darah, tetapi seseorang yang terinfeksi akan membentuk antibodi yang disebut immunoglobulin, yang bisa dideteksi di darah. Immunoglobulin inilah yang dideteksi dengan dengan Rapid Test tersebut.

"Swab test atau metode PCR itu menggunakan sampel cairan dari saluran pernafasan bawah, seperti cairan hidung dan cairan di tenggorokan. Semoga saja hasil dari swab test dari RS Martha Friska nantinya negatif," sambung dr M Arifin Sinaga.

Jubir Covid-19 Kabupaten Langkat ini mengatakan, dengan dirujuknya Su ke RS Martha Friska Medan dan sudah menjalani Swab Test disana, maka status pasien tersebut naik dari ODP menjadi PDP.

"Sejauh ini, yang kita ketahui pasien itu (Su) tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah Langkat maupun ke luar negeri. Diharapkan, masyarakat agar tidak panik dan tetap menjalankan setiap imbauan dari pemerintah," pungkasnya.

Diketahui, Su pertama kali mengalami demam dan menjalani perobatan alakadarnya di rumah keluarganya, Selasa (28/4) kemarin. Selanjutnya, berselang dua hari kemudian, sekira jam 01.00 WIB Su dibawa berobat oleh istrinya Sup ke Klinik Indra yang terletak di Pasar II Padang Cermin, Kecaamtan Selesai, Kabupaten Langkat.

Kemudian, pada hari yang sama, Kamis (30/4) sekira jam 17.00 WIB Su dirujuk ke RS Artha Medica Binjai. Disana, Su menjalani Ralid Test dan Immunoglobulin Fnya dinyatakan positif sesaat sebelum dirinya dirujuk ke RS Martha Friska Medan. (Ahmad).