Iklan

Senin, 15 Juni 2020, 16.49.00 WIB
Last Updated 2020-06-15T09:49:37Z
Advetorial

Bupati Persiapkan Kampung Tangguh Terasa di Negeri Bertuah

Berita Viral
Bupati Langkat Terbit Rencana PA didampingi Sekdakab Langkat dr Indra Salahuddin

Langkat - Metrolangkat.com


Lawan Covid 19 Polres Langkat dan Pemerintah Kabupaten Langkat akan wujudkan Kampung Tangguh.

Hal ini disampaikan Bupati Langkat Terbit Rencana PA saat menggelar rapat persiapan Kampung Tangguh Nusantara dan Ketahanan Pangan untuk Penanggulangan Covid 19 di Kabupaten Langkat, bertempat di Jambur Desa Raja Tengah kecamatan Kuala, Langkat, Jumat (12/6/2020). 


Di Langkat sendiri, Bupati akan menamakan Kampung Tangguh Terasa. Dirapat, Ia mengatakan, kampung tangguh Terasa berencana akan menetapkan 18 desa/kelurahan, yang  menjadi pilot project program kampung tanghuh ini. 


"Rencananya akan ada18 desa  untuk jadi pilot project programnya," sebut Bupati. 

Tujuan kampung tangguh ini, terang Bupati, untuk menguatkan sosial ekonomi, serta agar masyarakat memiliki kedisiplinan mengikuti anjuran pemerintah dan protokol kesehatan, dalam upaya pemutusan ratai pandemic virus corona. 

Untuk itu, Bupati meminta, Bumdes di semua desa benar-benar dijalankan, agar UKM diperdesaan aktif. Sehingga roda perekonomian berjalan stabil. 

"Tentunya hal ini akan menguatkan ekonomi kerakyatan ditengah pandemic" ujarnya. 

Selain itu, Bupati juga meminta, agar jaga malam diaktifkan di semua desa. Tujuannya, untuk meningkatkan keamanan terkait pencegahan covid. 

"Jadi agar tidak sembarangan orang dari luar keluar masuk di desa. Sebab kebebasan keluar masuk orang asing, dikhawatirkan menularkan virus," imbuhnya. 

Di kesempatan itu, Bupati juga membahas target Pemkab Langkat untuk memperoleh predikat keuangan daerah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2020 pada laporan keuangan tahun anggaran 2019.


Serta menyampaikan, agar pengelola pariwisata di Langkat untuk menutup sementara tempat usahanya, sambil menunggu kebijakan yang akan di ambil oleh Pemkab Langkat.

"Sebab wabah virus corona belum berhenti. Jadi ini semua bertujuan untuk kebaikan bersama," pungkasnya.


Sementara, Sekdakab Langkat Dr. H. Indra Salahuddin, mengatakan, pandemic covid 19,  berdampak luas terhadap kehidupan sosial ekonomi  dan budaya masyarakat dunia. 

Maka, pemerintah khususnya pemerintah daerah perlu untuk terus melakukan upaya- upaya memutuskan mata rantai penyebaran virus covid 19.

Untuk itu, Pemkab Langkat mendukung sepenuhnya membentuk kampung tangguh nusantara diwilayah Langkat yang diprakarsai Polres Langkat. 

"Semoga melalui pilot project program kampung tangguh nusantara korbinmas Baharkam Polri ini, dapat mencegah covid 19 dengan maksimal," harapnya. 

Ia juga menjelaskan, bahwa kampung tangguh nusantara, sebuah pilot project kolaboratif dengan stakeholders untuk melakukan aksi nyata di desa atau kelurahan yang ditunjuk, karena terindikasi tingginya penyebaran covid 19.

"Jadi konsep kampung tangguh yang akan dibentuk, menitik beratkan peran aktif elemen masyarakat personal maupun kelompok," ungkapnya. 

Nanti dalam kegiatan kampung tangguh, sambung Sekda, semua mendapatkan pendampingan dari OPD terkait dan Stakeholders secara intens dan terfokus. 

Sebab, perlu dilakukan upaya bersama OPD terkait dan stakeholders untuk membangun ketangguhan masyarakat. 


Menambahkan, Kadis Kominfo H. Syahmadi, menyampaikan, adapun kampung tangguh nusantara di Langkat yang sudah dipilih dari 18 desa/kelurahan. 

Yaitu, Desa Mangga Stabat, Desa Jentera Wampu, Desa Batu Melenggang Hinai, Desa Raja Tengah Kuala. 


Program ini, kata Syahmadi, diharapkan desa yang berada dipedalaman, menjadi tangguh kesehatan jasmani dan rohani, masyarakat semakin sadar begitu pentingnya kesehatan dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 

"Lebih rajin cuci tangan, sadar akan kesadaran lingkungan, mengubah pola makan sehat, menghindari makanan cepat saji, rajin olahraga dan rutin guna meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah dari berbagai serang penyakit," paparnya. 

Selain itu, lanjut Syahmadi, tangguh sosial ekonomi,  dengan adanya usaha mikro dan menengah serta kelompok tani yang tangguh. 
Yakni melakukan kerjasama pemasaran dengan Bumdes, lalu Bumdes dengan BUMD Propinsi. 

"Dengan adanya Bumdes ini, diharapkan bisa melahirkan industri - industri kreatif dan inovatif yang mampu memberdayakan  masyarakat desa setempat. Seperti industri rumah tangga, aneka makanan dan lainnya, " ungkapnya. 


Juga Tangguh keamanan, yakni kata Syahmadi, dalam rangka  meningkatkan rasa kemanan dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat, dengan memberikan perlindungan dan pengawasan masyarakat dengan mengutamakan upaya pencegahan dan penangkalan bentuk - bentuk ancaman dan ganguan keamanan dan ketertiban di setiap lingkungan masing-masing. 

"Dengan mengaktifkan Pos Kamling," sebutnya. 


Sembari memaparkan 5 tujuan pokok Kampung Tangguh. 

Adapun tujuan kampung tangguh nusantara, pertama, untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid 19 di wilayah tertentu dalam batas waktu yang sudah ditentukan. 

Kedua, membangkitkan kesadaran masyarakat, dan membangun semangat kebersamaan untuk lebih waspada dalam menghadapi penyebaran covid 19. 

Ketiga, membangun solidaritas antar sesama warga masyarakat, dimasa pandemic. 

Keempat, meminimalisir dampak sosial ekonomi akibat pandemic covid 19, dengan cara meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat. 

Kelima, melakukan sosialisasi kepada masyarakat umur produktif, agar dapat kembali bekerja dengan aman, covid 19 dengan cara new normal life (menuju normal) 

Bupati dalam kegiatan ini didampingi Sekdakab Langkat Dr.H.Indra Salahudin serta para Asisten,Staf Ahli, kepala OPD, para Kabag dari istansi terkait. Turut hadir anggota DPRD Langkat Sri Bana Br PA.(hms/red)