Iklan

Sabtu, 13 Juni 2020, 19.51.00 WIB
Last Updated 2020-06-13T12:52:57Z
Berita Hari Ini

Tak Transfaran Gunakan Anggaran DD Warga Perlis Desak Kades Mundur

Berita Viral
Warga Perlis yang mengeruduk kantor desa meminta tranaparan pengunaan DD

Perlis,Metrokangkat.com

Karena dinilai tak transparan dalam menggunakan anggaran dana desa (DD) khususnya tahun anggaran 2019, puluhan warga Desa Perlis, Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat, geruduk kantor desa tersebut, Sabtu (13/6) pagi.

Mereka menuntut agar Kades Perlis Junaidi Salim untuk transfaran dan menunjukkan APBDes dan realisasi DD tahun 2019 yang hingga kini belum juga dipublikasikan.

Selain itu, warga juga mendesak Kades dan BPD Perlis agar mundur dari jabatannya. "Kenapa anggaran 2019 baru direalisasikan tahun ini.

Seharusnya itu kan di-SILPAkan. Kami minta APBDes 2019 dan realisasi segera dipajang. DD itu uang masyarat, bukan uang kades,
Puluhan Warga saat mempertanyakan APBDes dan realisasi DD tahun 2019 di Kantor Desa Perlis.

Jadi jangan sesuka hati make uang itu," kesal Basir (34), warga Dusun VII Panglong.

Warga Dusun III Mawar, Aswin (41) juga mendesak Pemdes Perlis agar segera memampangkan APBDes dan realisasi anggaran tahun 2019.

"Kalau tak bisa transfaran, kami minta kades dan BPD untuk mundur dari jabatannya. Jangan terus-terusan membodohi masyarakat," kesalnya.

Menyikapi keluhan dan desakan masyarakat tersebut, dalam pertamuan itu, Kades Perlis Junaidi Salim mengaku bahwa, ada terjadi perubahan pada APBDes 2019, sehingga belum bisa dipampangkan.

"Uang itu (DD 2019) nanti saya yang tanggung jawab. Hari ini, kita bahas masalah BLT DD dulu," kilah Junaidi.

Sementara, Kapolsek P Brandan AKP PS Simbolon yang turut hadir dalam pertemuan itu, sangat mendukung usulan masyarakat bahwa, realisasi anggaran tahun 2019 kemarin harus segera dipampangkan di kantor desa.

"Saya minta, Senin (15/6) nanti realisasi itu harus segera dipampangkan di Kantor Desa Perlis," tegas AKP PS Simbolon.

Akhirnya, warga membubarkan diri setelah ada kesepakatan bahwa, APBDes 2019 dan laporan realisasinya agar dipajngkan di Kantor Desa Perlis pekan depan.

Warga berharap, agar kedepannya Kades Perlis bisa lebih transfaran dalam menggunakan dana desa. (Ahmad)