Iklan

Kamis, 16 Juli 2020, 14.47.00 WIB
Last Updated 2020-07-16T07:47:24Z
Kabar Asahan
Berita Viral

Asahan-Metrolangkat.com

Perkembangan kasus Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Asahan sampai hari ini, Rabu (15/7) belum menunjukkan angka penurunan.

Malah hari ini saja bertambah 2 orang lagi dan pasien positif virus Corona menjadi 30 kasus.

Penjelasan tersebut dikatakan juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten  Asahan H.Rahmat Hidayat Siregar melalui siaran persnya.

Rahmat mengatakan hari ini  terkonfirmasi ada penambahan  dua  kasus positif COVID-19 an. RS laki laki  dan LM (32 th) perempuan.

'Sesuai informasi yang kita dapat, sebelumnya pasien RS melakukan konsultasi ke salah satu Rumah Sakit di Kisaran karena akan kerja ke luar Kota. Lalu RS melakukan uji rapid test dan hasilnya reaktif.

Oleh karena itu RS  melakukan pemeriksaan lanjutan karena ada indikasi terpapar COVID-19.

Karena ada indikasi tersebut kemudian RS berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan untuk dilakukan uji pengambilan spesiemen SWAB Nasofaring oleh tim Gugus Tugas COVID-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan.

Dan hasilnya pada tanggal 14 Juli 2020 telah keluar dari  RS USU Medan dan RS dinyatakan positif COVID-19. Dan saat ini pasien RS telah melakukan isolasi mandiri dirumahnya dengan pengawasan dari pihak puskesmas Mutiara dan pengawasan Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan,terang Rahmat.

Sedangkan untuk pasien LM bertugas sebagai staf pada salah satu puskesmas di Kisaran Barat. Sesuai informasi LM terpapar COVID-19 karena telah melakukan kontak dengan Pasien positif terdahulu berinisial  L.

Saat ini LM telah melakukan isolasi mandiri dirumahnya dengan  pengawasan dari pihak puskesmas Sidodadi dan pengawasan Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan. Sementara kondisi pasien cukup baik dan tanpa gejala apapun,sebut Dayat

Guna menindaklanjuti dan menyikapi hasil positif kedua pasien tersebut. Tim surveilans Dinkes Asahan, puskesmas Mutiara dan puskesmas Sidodadi  telah melakukan tracking kontak erat dengan pasien.

Hal tersebut cepat dilakukan untuk  memutus mata rantai penularan virus Corona di Asahan.

Terakhir jubir Gugus Tugas mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan protokol. Gunakan masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, hindari kerumunan, tetap jaga imun tubuh dengan sering berolahraga serta tetap jaga kesehatan,imbau Dayat..(Depram)