Iklan

Jumat, 03 Juli 2020, 14.35.00 WIB
Last Updated 2020-07-03T07:35:17Z
Kabar Asahan

Bupati Asahan H.Surya, Jemput 216 Warga Asahan Dari Malaysia

Berita Viral


Asahan-Metrolangkat.com

Setelah melalui rangkaian proses yang cukup panjang. Akhirnya sebanyak 216 orang pekerja migran indonesia (PMI) asal dari Asahan yang bekerja mencari nafkah di Negeri Malaysia dapat kembali pulang kekampung halamannya di Kabupaten Asahan.

Setibanya di tanah air, para pekerja migran itu langsung disambut oleh Bupati Asahan, Walikota Tanjung Balai, Dandim 0208 Asahan, Danlanal Tanjung Balai Asahan, Kapolres Asahan, Kapolres Tanjung Balai, KSOP Tanjung Balai dan Bea Cukai Tanjung Balai di Pelabuhan Teluk Nibung, pada Kamis malam (02/07/2020).

Bupati Asahan H. Surya, dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa para  PMI yang  Kita pulangkan dari negara Malaysia  ke Indonesia berjumlah 216 orang.Mereka terdiri  terdiri dari 208 orang  PMI asal Kabupaten Asahan dan 8 orang berasal dari KBRI Malaysia,sebut Bupati.

Masih dikatakan H.Surya, para PMI yang kita pulangkan hari ini, semuanya gratis, tidak ada dipungut biaya apapun. Karena semua biaya yang ada telah ditanggung langsung  oleh Pemerintah Kabupaten Asahan.

Sedangkan proses pemulangan para PMI. Pihak Pemerintah Kabupaten Asahan bekerja sama dengan KBRI di Kuala Lumpur Malaysia dan  Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia,jelas H.Surya

Bupati menambahkan memang semalam Rabu (1/7) sempat terjadi penundaan pemulangan PMI. Hal ini disebabkan karena adanya proses permasalahan administrasi.

"Tapi Alhamdulillah, hari ini Kamis (2/7) para PMI warga Kabupaten Asahan telah kembali ke tanah air'


Artinya penjemputan dan pemulangan para PMI dari Malaysia, tidak ada unsur  paksaan dari pihak manapun, semua atas keinginan mereka sendiri.Hal itu karena di negeri jiran Malaysia sedang diberlakukannya Lokcdown akibat terjadinya wabah Covid-19, yang berdampak terhadap pekerjaan para PMI disana.

Karena melihat kondisi yang terjadi itulah. Makanya  Pemerintah Kabupaten Asahan merasa prihatin dan tergugah untuk segera menjemput dan memfasilitasi para pekerja migran warga Asahan pulang ke tanah air Indonesia.


"Para PMI yang telah pulang  langsung kita bawa ketempat karantina yang ada dilokasi  kolam renang milik  Pemkab Asahan.

Setelah dilakukan sterilisasi dan pendataan mereka para PMI  diantar oleh para Camatnya masing-masing ke kediamannya. Dan pihak kecamatan bersama pihak puskesmas akan mengontrol keadaan para PMI sampai masa batas waktu yang telah ditentukan.

Diakhir penyampaiannya Bupati Asahan H.Surya menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pemko Tanjung Balai  yang telah membantu proses pemulangan para PMI warga Asahan..(Depram)