Iklan

Bupati : Profesi Penggali Kubur dan Bilal Mayit Sangatlah Mulia

Wednesday, July 29, 2020, 2:02:00 PM WIB Last Updated 2020-07-29T07:02:26Z
wakil Bupati Langkat H.Syah Afandin  menyerahkan Bansos tali asih kepada 196 orang bilal mayit secara simbolis, mewakili bilal mayit se Langkat, di Aula Kantor Camat Tanjung Pura,  Selasa (28/7/2020).


Langkat-Metrolangkat.com

Profesi penggali kubur dan bilal mayit sangatlah mulia, selain tindakan menolong sesama juga penyempurna agama terakhir, yakni fardu kifayah bagi jenazah muslim.
Namun, meskipun demikian tidak semua orang mampu untuk melaksanakannya, dikarenakan harus siap menerima tugas 24 jam dan tidak memiliki standart upah.

Untuk itu wajar saja, Pemerintah Kabupetan Langkat setiap tahunnya memberikan tali asih kepada para penggali kubur dan bilal mayit se Kabupaten Langkat. Sebagai ucapan terima kasih dan penghargaan, telah membantu tugas Pemkab Langkat dalam melayani warganya.

“Profesi penggali kubur dan bilal mayit sangatlah mulia, untuk itu atas nama pribadi dan Pemkab Langkat, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi – tingginya. Atas pengabdian selama ini yang telah  melayani masyarakat dengan ikhlas,”.


Disampaikan Bupati Langkat Terbit Rencana PA, pada acara penyerahan Bantuan Sosial (Bansos) kepada 314 penggali kubur Kecamatan Selesai, secara simbolis mewakili penggali Kubur se Langkat, di Aula Kantor Camat Selesai, Selasa (28/7/2020).

Terkait besaran Bansos yang diterima, Bupati berharap, tidak dilihat dari nilainya dan mengangapnya sebagai upah, karena tidak sebanding dengan pengabdiannya. Melainkan sebuah ucapan terimakasih dan bentuk penyambung talisilahturahmi.
Bupati Langkat Terbit Rencana PA, pada acara penyerahan Bantuan Sosial (Bansos) kepada 314 penggali kubur Kecamatan Selesai, secara simbolis mewakili penggali Kubur se Langkat

“Kami tidak bisa membalasnya, ini bukan upah. Kami hanya mampu mendokan bapak dan ibu beserta keluarga selalu dalam perlindung Allah SWT, diampunkan segala dosa, diberikan kesehatan dan murah rezeki,”doannya. 

Sembari mengingatkan kepada semuanya, agar tetap mengikuti protokol kesehatan sebab pandemic covid 19 belum berakhir. Serta meminta kepala KUA melalui Kemenag Langkat, untuk terus melakukan pembinaan kepada masyarakat, agar pelaksanaan fardhu kifayah maupun hal lainnya, tetap sesuai dengan syariat agama. 

Selanjutnya, dihari itu juga, Bupati melalui wakil Bupati Langkat H.Syah Afandin juga menyerahkan Bansos tali asih kepada 196 orang bilal mayit secara simbolis, mewakili bilal mayit se Langkat, di Aula Kantor Camat Tanjung Pura.

Wabup  menyampaikan, mekanisme pencairan Bansos tahun depan disesuaikan dengan peraturan yang telah mengalami perubahan ditahun ini. Peraturan itu yakni, diwajikan membentuk kepengurusan di masing – masing kecamatan.

Untuk itu, Wabup mengamanahkan kepada Camat, Kades dan Lurah, untuk membantu organisasi ini, sehingga memiliki data yang akurat serta dinasmis, disesuiakan kodisi dilapangan.

“Agar penyaluran Bansos ini tepat dan tidak menyalahi aturan yang berlaku,”pungkasnya.
Kepada para pengurus, Wabup meminta, agar segera melaksanakan tugas dan kewajiban yakni menyelesaikan administrasi sesuai petunjuk dari Kabupaten maupun kecamatan, agar dikemudian hari tidak menimbulkan masalah.

“Kepada pengurus, saya juga mengingatkan bahwa niat yang baik saja tidak cukup, tanpa didukung administrasi yang baik,”terangnya.

Sementara, Kabag Kesos Setdakab Langkat, H.Syahrizal, pada laporannya menyampaikan, selain bilal mayit dan penggali kubur, Bansos juga diberikan kepada abang beca. 

Tahun ini Bansos yang diberikan, sebesar Rp1.137.000.000 untuk 4.548 penggali kubur se – Langkat dan sebesar Rp990.250.000, untuk 3.961 bilal mayit se Langkat.

“Jadi setiap penggali kubur dan bilal mayit perorang  menerima Rp250.000,”paparnya.
Sementara Bansos sebesar Rp250.350.000 untuk 5.007 abang beca se – Langkat, dengan rincian setiap abang beca masing – masing menerima Rp50.000,”tambahnya.
.
Selanjutnya, sambung Syahrizal, dasar pelaksanaan Bansos ini,  peraturan daerah nomor 12 tahun 2019 tentang APBD Kabupaten Langkat TA 2020. Serta  persetujuan Bupati Langkat terhadap alokasi anggaran bantuan penggali kubur, abang beca, bilal mayit.

“Hal ini sebagai komitmen pelaksanaan visi masyarakat Langkat maju, sejahtera dan religius,”terangnya.

Sembari menerangkan, secara simbolis penyerahan bansos untuk penggali kubur di Kecamatan Selesai sebanyak 314 orang dengan total bantuan Rp78. 500.000. Bansos untuk bilal mayit di Kecamatan Tanjung Pura, sebanyak 196 orang dengan jumlah Rp49.000.000.  

Turut hadir Sekdakab Langkat Dr.H.Indra Salahudin, para pejabat Pemkab Langkat, Kemenag Langkat, Camat dan unsur Forkopimca setepat, Kades/Lurah beserta perangkat dan lembaganya, tokoh agama/masyarakat dan pemuda, serta undangan lainnya.(yan/…)


Komentar

Tampilkan

Terkini

Nasional

+
close