Iklan

Jumat, 03 Juli 2020, 16.13.00 WIB
Last Updated 2020-07-03T09:13:58Z
Kabar Asahan

Hari Ini 2 Orang Lagi Positif CovId Di Asahan

Berita Viral

Asahan-Metrolangkat.com

Corona Virus Disease ( COVID-19) di Asahan terus kian berkembang dan memakan korban. Hari ini Jumat (3/7/2020) tim Gugus Tugas COVID -19 Kabupaten Asahan kembali mengumumkan 2 (dua) orang warga Asahan positif terjangkit virus Corona.

Pernyataan tersebut disampaikan juru bicara Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar melalui siaran persnya kepada media di Kisaran.

" Hari ini bertambah  lagi 2 orang  warga Kabupaten  Asahan yang positif COVID-19 mereka adalah  MS (40 th) jenis kelamin perempuan warga Jln. Karya Lk I Kelurahan Sendang Sari  Kecamatan Kota Kisaran Barat  dan KS (30 th) jenis kelamin Laki laki warga Lk.VII Kelurahan Mutiara Kecamatan Kota Kisaran Timur" jelas Dayat.

Menurut juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID- 19 Kabupaten Asahan pasien  MS (40 th) positif COVID-19 karena dirinya pernah melakukan kontak langsung dengan orang tuanya.

Dari pemeriksaan Rapid Test, hasilnya pasien MS reaktif. Setelah itu dilakukan pemeriksaan lanjutan di RS USU Medan dengan metode  uji SWAB hasilnya juga positif COVID- 19.

Sedangkan pasien positif COVID-19 lainnya  KS (30 th) kesehariannya berperofesi sebagai tenaga kesehatan disalah satu RS di Kisaran.

KS melakukan pemeriksaan kesehatan dirinya melalui metode uji SWAB di RS USU Medan. Dan dari hasil pemeriksaan kesehatannya menyatakan KS positif COVID- 19,terang Rahmat.


Oleh karena itu, guna menindaklanjuti kedua warga Asahan yang positif COVID-19 tersebut,  untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan tim langsung bergerak melakukan tracking.

Tim surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan bekerjasama dengam Puskesmas Mutiara, segera  melakukan tracking kontak erat terhadap 2 kasus COVID tersebut.

Mereka yang pernah kontak akan segera dilakukan pemeriksaan darah melalui Rapid Test COVID-19.Sampai Saat ini tim masih melakukan pendataan kontak erat guna pelaksanaan pemeriksaan / screening pada kasus kontak erat terhadap kedua pasien yang positif,jelas Dayat.


Ketua Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Asahan H.Surya melalui jubir  Rahmat Hidayat mengimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat bersama sama kita semua ,memutus mata rantai penyebaran  COVID-19 di Kabupaten Asahan.

"Marilah kita semua tetap memegang teguh protokol penanganan COVID-19.Gunakanlah  masker, hindari keramaian, Cuci Tangan Pakai Sabun dan sering berolah raga agar tetap bugar dan imun kita kuat, ajak Dayat.

Terakhir Dayat menyampaikan bahwa untuk data COVID-19 di Asahan. Pasien PDP ada 4 orang,  pasien positif saat ini ada 19 orang dengan rincian pembagian 10  orang masih di rawat, 6 orang sembuh, dan 3 orang telah meninggal dunia terangnya..(Depram)