Iklan

Kamis, 23 Juli 2020, 14.01.00 WIB
Last Updated 2020-07-23T07:01:01Z
Kabar Asahan

Kapolres Asahan Pimpin Apel Operasi Kepolisian Mandiri Patuh Toba 2020

Berita Viral

Asahan-Metrolangkat.com

Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto Sik pimpin apel gelar pasukan dalam rangka operasi kepolisian mandiri kewilayahan Patuh Toba 2020,Kamis (23/7/2020) bertempat dihalaman Mako Polres Asahan.

Acara apel tersebut dihadiri para Forkopimda antara lain Bupati Asahan diwakili Kasat Pol PP Sopyan Manulang, Dandim 0208 AS diwakili Kapten Jamil, Danlanal TBA diwakili Kapten M.Damanik, Kajari Asahan diwakili M.Syahrizal, Ketua PN Kisaran diwakili Miduk Sinaga serta Dansat Brimob diwakili Iptu Pandu

Sebagai peserta apel upacara diikuti oleh kesatuan barisan Sat Sabhara Polres Asahan,  barisan PM/Provos, barisan Kodim 0208/AS barisan Sat Lantas Polres Asahan,barisan Sat Reskrim Polres Asahan, barisan Sat Pol PP Pemkab. Asahan dan barisan Dishub Pemkab Asahan.

Sedang perwira apel dipimpin AKP Budiono Saputro dan  bertindak sebagai komandan apel Iptu F. Saragih.

Kegiatan apel diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh pimpinan upacara Kapolres Asahan sekaligus melakukan penyematan tanda operasi kepada personil.

Kapolres Asahan dalam kata sambutan mengatakan bahwa kegiatan pelaksanaan apel dalam rangka meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas serta kepatuhan hukum masyarakat terhadap hukum dan perundang undangan berlalu lintas.

Selanjutnya Kepolisian Daerah Sumatera Utara berserta seluruh jajaran akan melaksanakan operasi kepolisian kewilayahan Patuh Toba 2020 selama 14 hari terhitung mulai tanggal 23 Juli s/d 05 Agustus 2020, jelas Kapolres


Masih dikatakan Kapolres Nugroho, dimana pelaksanaan operasi ini, pihaknya akan menekankan 3 prioritas

Pertama akan menindak pengendara yang melawan arus saat mengemudi,  kedua akan menindak kenderaan yang menaikkan penumpang diatas kap dan ketiga akan memberikan tindakan bagi pengemudi kendaraan yang menerobos lampu merah.


Dalam apel itu juga Kapolres menyampaikan bahwa  berdasarkan lama lantas di wilayah Sumatera Utara jumlah laka lantas tahun 2019 ada 522 kejadian dengan selisih 127 kejadian dibandingkan tahun 2018 sebanyak 395 peristiwa.

Sedang periode Januari sampai dengan Juni jumlah laka sebanyak 194, jumlah korban meninggal dunia akibat laka lantas tahun
2019 sebanyak 116 orang dengan selisih 9 orang dari tahun 2018 sebanyak 107 orang dan pada periode Januari - Juni sebanyak 74 orang.

Adapun cara bertindak yang harus dipedomani oleh para satuan petugas di lapangan adalah
1. Melaksanakan deteksi dini, Lidik dan pemetaan terhadap lokasi/tempat yang rawan terhdap kemacetan, pelanggaran dan laka lantas serta lokasi penyebaran virus-19.

2. Laksanakan binluh kepada seluruh masyarakat tentang Kamseltibcarlantas dan bahaya covid-19 berupa giat sosialisasi penyuluhan berupa pemasangan spanduk, banner, baliho penyebaran leaflet serta sticker serta melalui media cetak elektronik serta medsos.

3. Pada pelaksanaan operasi Patuh Toba 2020 tidak dibenarkan adanya target tilang.

Sedangkan pelaksanaaan dari tujuan operasi Patuh Toba 2020 adalah

1. Terciptanya situasi lalulintas yang aman tertib dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan pelanggaran dan macet.

2. Meningkatnya ketertiban dan kepatuhan hukum serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.3. Berkurangnya tempat penyebaran covid-19.

Dan selama melaksanakan operasi, Kapolres Asahan minta agar seluruh personil melaksanakan operasi agar tetap berdoa, mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan

Kemudian melaaksanakan prosedur protokol kesehatan yang diterapkan oleh pemerintah, melakukan operasi ini sesuai prosedural, tidak arogan melainkan dengan simpatik humanis yaitu 3S ( sabar, sopan, senyum).


Dan kepada para perwira selaku pengendali dan Bidpropam serta Itwasda selaku pengemban fungsi pengawasan mampu melakukan pendisiplinan terhadap personil dalam pelaksanaan operasi patuh Toba 2020

Lalu tingkatkan fungsi manejemen media untuk menciptakan opini publik yang positif. Sehingga ketika masyarakat yang dilakukan penindakan dalam berlalulintas dapat mengerti dan memahami pelaksanaan kegiatan ini.

Selanjutnya jadilah teladan berlalulintas untuk memberikan contoh yang baik dan benar kepada masyarakat. Tingkatkan pelayanan prima kepada masyarakat dan antisipasi setiap kejahatan jalanan seperti begal, balapan liar,dan becak hantu (curanmor ), bila sudah membahayakan situasi maka perlu diberikan tindakan tegas dan terukur, sebut Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto mengakhiri sambutannya.

Apel patuh Toba 2020 turut dihadiri Waka Polres Asahan para pejabat Polres Asahan, Dispenda UPT Sumatera Utara dan perwakilan Jasa Raharja.(Depram)