-->

Iklan

Belum Ada Kepastian Penundaan Pilkada

Senin, 21 September 2020, 20.49.00 WIB Last Updated 2020-09-21T15:33:25Z

 


Binjai-Metrolangkat.com


Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah  (Pilkada) Serentak 2020 menjadi polemik di tengah meluasnya Pandemi Covid-19.


Sejumlah pihak seperti Organisasi keagamaan, yakni PBNU dan Muhammadiyah, meminta Pemerintah untuk menunda Pilkada karena khawatir terhadap ancaman penularan Virus Corona.


Desakan ini bukan tanpa alasan. Meski ada aturan tentang protokol kesehatan di Pilkada, namun pada praktiknya terjadi pelanggaran terhadap aturan tersebut.


Sejumlah aturan yang dirancangpun dinilai kurang tegas sehingga bisa saja membuka peluang penyebaran Virus Corona.


Bahkan, meski tahapan penyelenggaraan Pilkada masih berjalan, sejumlah penyelenggara dinyatakan tertular Covid-19.


Disaat munculnya desakan dari berbagai pihak, seperti PBNU dan Muhammadiyah, kini ada lagi surat edaran yang sempat Viral di Media Sosial, dimana salah satu isinya tertulis "Pemungutan suara serentak pada Bulan Desember 2020 ditunda, dan dijadwalkan kembali apabila tidak dapat laksanakan karena bencana nasional Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) belum berakhir".


Terkait adanya Surat yang beredar tersebut, awak media ini melakukan konfirmasi kepada Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Binjai, Ari Nurwanto. 


Menurut Pria bertubuh besar ini, Surat yang dimaksud tersebut adalah benar. Namun, surat itu di merupakan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (PERPU) Penundaan Pilkada yang sebelumnya dijadwalkan pada 23 September 2020 lalu.


"Kalau surat itu memang betul. Hanya saja surat itu merupakan PERPU Penundaan Pilkada yang sebelumnya dijadwalkan pada 23 September 2020 lalu.

 Namun karena Pandemi Corona Virus Disease 2019, akhirnya Pilkada dijadwalkan pada 9 Desember mendatang," beber Ari Nurwanto, Senin (21/9) malam.


Lebih lanjut dikatakan Ari Nurwanto, kini PERPU  tersebut sudah diganti Undang Undang, yaitu Undang Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020.


Sebagai Ketua Bawaslu Kota Binjai, Ari Nurwanto juga menegaskan jika pihaknya belum menerima kepastian tetkait penundaan Pilkada. (kus)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Nasional

+