Iklan

Senin, 14 September 2020, 14.45.00 WIB
Last Updated 2020-09-14T07:52:47Z
Hukum& Kriminal

Dijerat Pasal 365, Melki Nyangkut Di Polresta Binjai

Berita Viral

 

Pelaku Melki Sitepu yang diamankan Polres Binjai

Binjai-Metrolangkat.com


Petugas Kepolisian dari Unit Reskrim Polsek Selesai, Polres Binjai, berhasil mengamankan seorang Pelaku yang diduga melakukan Tindak Pidana Penggelapan, sebagaimana dimaksud Pasal 372, serta Pencurian dengan kekerasan sebagaimana di maksud dalam Pasal 365 KUHPidana, Senin (14/9).


Adapun Pelaku yang dimaksud adalah Melki Sitepu (26) warga Dusun IV Sidodadi Panglong, Desa Paya Tusam, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat.


Sedangkan korban sekaligus Pelapor adalah Sinarta Bangun (49) warga Dusun Paya Kerbo, Desa Perhiasan, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, serta Nur Aliyuddin Maulana (22) seorang pekerjaan Buruh harian Lepas di PT LNK, yang merupakan warga Dusun Afdeling II Desa Padang Cermin, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat. 


Menurut Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo.SIK, melalui Kasubbaghumas AKP Siswanto Ginting, penangkapan Pelaku berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/62/VIII/2020/SPKT A Polsek Selesai, tanggal 27 Agustus 2020, Pukul 20.45 Wib (Kasus Penggelapan Sepeda Motor), serta Laporan Polisi Nomor : LP/63/VIII/2020/SPKT A Polsek Selesai, tanggal 30 Agustus 2020, Pukul 21.28 Wib (kasus Curas). 


Lebih lanjut dikatakan Siswanto Ginting, dari penangkapan itu, Petugas berhasil mengumpulkan barang bukti berupa 1 lembar STNK Sepeda Motor Honda CBR, nopol BK 4611 RAT, serta 1 lembar surat  STNK Sepeda Motor Honda Supra, nopol BK 2303 RAV, dengan nomor rangka MH1J8N1178K111172 dan nomor mesin JBN1E1107808.


"Petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa batang kayu yang dipergunakan terlapor sebagai alat untuk melakukan pemukulan sebelum mengambil Sepeda Motor korban yang disita dari Korban dan diakui oleh terlapor," tegas Siswanto Ginting.


Menurut informasi yang berhasil dirangkum, kejadian bermula pada hari Selasa (11/8/2020) sekira Pukul 11.30 Wib, dimana Pelaku (Melki Sitepu) datang dengan menumpang Truk pengangkut pasir ketempat warga yang bernama Andri Dermawan, yang bekerja di tempat penambangan pasir milik Sio.


Tak lama berselang, Pelaku mendatangi Andri dengan alasan untuk minta diantarkan membeli nasi. Namun, dikarenakan Andri masih ada pekerjaan, ia pun tidak bisa mengantarkan Pelaku.


Tak habis akal, Pelaku selanjutnya meminjam Sepeda Motor jenis honda CBR warna hitam, nopol BK 4611 RAT, milik Pelapor (Sinarta Bangun) yang pada saat itu sedang dipakai oleh Andri.


Usai meminjam Sepeda Motor tersebut, Pelaku pergi meninggalkan tempat kerja Andri.


"Benar, hingga saat laporan Polisi dibuat oleh Pelapor, Pelaku belum juga mengembalikan Sepeda Motor tersebut," beber Siswanto Ginting.


Akibat dari kejadian tersebut, korban merasa keberatan dan dirugikan. Ia pun akhirnya melaporkannya ke Polsek Selesai, guna proses hukum lebih lanjut sesuai hukum yang berlaku.


Sedangkan untuk kasus Curas yang menimpa korban Nur Aliyuddin Maulana (22) yang juga Pelapor, bermula pada hari Minggu (30/8/2020) sekitar Pukul 13.30 Wib, bermula saat Pelapor berangkat dari rumahnya dengan mengendarai Sepeda Motor Honda Supra X 125, nopol BK 2303 RAV, untuk menggembala Sapi miliknya dilokasi Perkbunan PT LNK Divisi II TM 2008 yang ada di Desa Padang Cermin, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat. 


Sekitar kurang lebih 2 jam kemudian, Pelaku (Melki Sitepu) datang dari arah belakang korban dan memukul kepala bagian belakang dengan menggunakan batang pelepah Sawit sebnyak 1 kali. 


Setelah dipukul oleh Pelaku, korban langsung jatuh di samping Sepeda Motornya. 


Walau terasa pusing, namun Korban sempat melihat Pelaku mengambil Sepeda Motor miliknya. Tak tinggal diam, lalu ia berusaha mengejarnya, namun Pelaku sudah tidak terlihat lagi.


Akibatnya, korban juga merasa keberatan dan mengadukannya ke Polsek Selesai, Polres Binjai.


Menindaklanjuti Laporan dari 2 warga tersebut, akhirnya Unit Reskrim Polsek Selesai, pada hari Senin (14/9/2020) sekira Pukul 09.30 Wib, akhirnya berhasil mengamankan Pelaku.


"Terlapor berhasil diamankan di kantor PT LNK," urai Siswanto Ginting.


Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Pelaku beserta barang bukti akhirnya dibawa ke Polsek Selesai guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (kus)