Iklan

Rabu, 30 September 2020, 12.06.00 WIB
Last Updated 2020-09-30T05:06:59Z
Berita Hari Ini

Ratusan Rumah Direndam Banjir Di Binjai

Berita Viral

Petugas Brimob tampak membantu warga yang kebanjiran di Mencirim-Bonjol

 Binjai-Metrolangkat.com

Hujan deras disertai angin kencang yang turun di Kota Binjai selama beberapa jam, akibatnya ratusan rumah di daerah Kota Rambutan ini tergenang banjir, Rabu (30/9).


Pantauan di seputaran Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Binjai Kota, tampak masyarakat berusaha mengeluarkan harta benda mereka yang tertinggal di dalam rumah.


Kepala Lingkungan lll Kelurahan Setia, Kecamatan Binjai Kota, Siti Harapan Ginting mengatakan, awalnya air yang mengaliri Sungai Bangkatan mulai naik sekitar pukul 00.00 Wib, dinihari.



"Tapi tidak lama, debit air sungai turun. Jadi masyarakat tidak khawatir dan kembali masuk rumah masing masing," kata Siti.


Namun, lanjut Siti, sekira Pukul 05.00 Wib, air sungai kembali naik dan menggenangi seluruh rumah yang berada di sepanjang Sungai Bangkatan.


"Banyak warga yang tidak sempat menyelamatkan barang  barang mereka. Mana yang bisa dibawa saja, lainnya ditinggal di rumah," beber Siti.


Terkait hal itu, Komandan Kompi (Danki) 4 Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Sumatera Utara, AKP Sardi, sewaktu di lokasi banjir menyatakan, pihaknya menurunkan puluhan personil untuk membantu masyarakat yang terimbas banjir.



"Kita hadir untuk membantu evakuasi warga dan barang milik warga yang tertinggal di dalam rumah," kata Sardi.


Dia menambahkan, setelah menyusuri seluruh rumah yang terdampak banjir, mereka meyakini tidak ada lagi warga yang terjebak di dalam rumah.


"Sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, Satuan Brimob Polda Sumut siap kapan dan dimanapun ketika dibutuhkan kehadirannya di tengah masyarakat. Apalagi ini berkaitan dengan bencana alam," ungkapnya. (kus)